Katanya Mandi Dimalam Hari Membuat Sarang Penyakit, Mitos apa Fakta?

Kata emak, kalo mandi di malam hari tidak boleh, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit tulang (rematik). Itu kata emaggue, nah kata emang lu gimana? Gini deh, daripada lu sibuk nanya-nanya sama emak, mendingan baca aja dlu sampai akhir. Biar lebih jelas. Iya memang tidak bisa dipungkiri kalo mandi dimanam hari bisa membuat tubuh kita segar, apalagi bagi yang sudah beraktifitas dimalam hari, misal ngeGYM dll.


Namun ada juga beberapa anggapan bahwa mandi di malam hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Apakah benar demikian? Agar tidak membuat kamu bertanya-tanya, mari kita bahas dibawah ini.

Mandi Di Malam Hari Bisa Menyebabkan Rematik, ini Fakta Atau Mitos?


Sebenarnya penyakit rematik itu banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Jadi apabila seorang mengalami penyakit rematik, mandi di malam hari maka sekujur tubuhnya akan merasakan kesakitan. Nah dari fenomena tersebut berkembanglah mitos yang mengatakan jika mandi dimalam hari bisa menyebabkan rematik. Padahal sakit rematik ini dapat disebabkan karna sistem kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi jaringan-jaringan sendi sebagai benda asing yang harus dikeluarkan atau dikalahkan.
Akibatnya sendi-sendi pada tubuh mengalami pembengkakan karena adanya perlawanan dari imum tubuh, sehingga tubuh terasa kaku dan sakit. Alhasil munculnya rasa lelah, nyeri pada otot, kehilangan nafsu makan dan bahkan dapat menyebabkan demam.

Pada Kondisi Tertentu, Tetap Dianjurkan Mandi Di Malam Hari.

Pada beberapa kondisi, mandi di malam hari justru dianjurkan. Misalnya saat kamu mau menjalankan operasi, kamu dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelumnya. Dan juga mandi malam dianjurkan untuk kamu yang banyak keringat pada siang harinya. Mandilah pada malam hari sebelum tidur, atau paling tidak cucilah dibagian-bagian yang bersumber bau yang tidak sedap. Alangkah baiknya ya mandi.

Alangkah Baiknya Menggunakan Air Hangat.


Mandi dengan air yang dingin memang bagus untuk tubuh. Namun sebaiknya jangan dilakukan saat malam hari. Gunakanlah air hangat untuk mandi malam. Selain dapar melawan suhu udara dingin malam, air hangat juga memiliki khasiat melepaskan ketegangan dan otot-otot yang terasa kaku.


Sedangkan mandi dengan air dingin selama 5 menit memang bisa membantu membuat shock tubuh sehingga lebih segar. Dan tetapi jika daya tahan tubuhmu sedang menurun, bukan tidak mungkin, justru bisa mendatangkan penyakit seperti flu, bahkan demam.

Jangan Mandi Malam Hari Jika Kondisi Tubuh Tidak Fit.

Jika kondisi tubuh kamu kurang sehat atau kurang enak, sebaiknya jangan mandi malam. Sebabnya, mandi malam juga bisa mengganggu metabolisme tubuh. Ketika malam hari, suhu tubuh cenderung mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Tidak disarankan juga untuk kamu mandi lama di malam hari. Mandi malam juga dapat menyebabkan panuaan dini. Hal ini disebabkan air dingin berpengaruh pada kulit, sehingga menyebabkan keriput. Maka dari itu mandi malam bagusnya secukup dan seperlunya saja, jangan berlebihan.

Nah itu dia penjelasan untuk kamu yang mungkin di atas tadi sudah tanda tanya, apa iya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Semua informasi dan isi dari artikel ini saya ambil dan saya kutif dari beberapa sumber, dan untuk kamu ingin lebih jelasnya, lebih baik tanyakan langsung sama pakar ahli kesehatan.

0 Response to "Katanya Mandi Dimalam Hari Membuat Sarang Penyakit, Mitos apa Fakta?"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...