10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat

Alpukat atau dalam bahasa ilmiahnya adalah (Persea americana) ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama yang sama. Tumbuhan Alpukat ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia, termasuk juga di Indonesai.

Pohon Alpukat ini dapat hidup dengan ketinggian batang mencapai 20 m dan dengan memiliki daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan, ukuranya bisa mencapai 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya juga bervariasi, dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram, mempunyai biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna agak hijau muda yang berada didaerah dekat kulitnya, dan kuning muda dekat daerah tenga atau didekat bijinya, dengan tekstur daging isi yang lembut.

Sedikit kita akan mengintip tentang Sejarah dari Buah Alpukat ini.
Nama alpukat atau avokad (dari bahasa Inggris, avocado) berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl (dibaca kira-kira "awakatl"). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Karena itu, buah ini pada awalnya dikenal hanya di daerah tersebut. Pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut sekitar awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk alpukat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Orang pertama yang memperkenalkan buah apokat kepada penduduk Eropa yaitu Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol. Dia memperkenalkan buah ini pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan kakaojagung, dan juga kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk di dunia. Awal pertama Buah Alpukat diperkenalkan di Indonesia oleh orang Belanda pada abad ke-19.

Setelah sekian banyak kita membahas tentang sejarah dari buah alpukat ini, dan sekarang kita akan membahasa berbagai manfaat dari buah alpukat ini untuk tubuh kiata. Berikut beberapa macam manfaat buah alpukat untuk tubuh kita.

1. Manfaat untuk kehamilan.
Buah Alpukat adalah sumber alami folat, dimana yang sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil, dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana unutuk mempercepat kehamilan,selain rasanya enak juga dari bahan yang alami dan juga mudah untuk didapatkan.

2. Buah Alpukat mengandung lemak yang baik untuk tubuh.
Kita mungkin pernah mendengar bahwa kita harus menghindari buah alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar buah alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi, namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau bisa kita bilang “lemak baik“ yang akan membantu menjaga kesehatan jantung kita, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2. Jadi sekarang kita tidak perlu takut lagi kan untuk mengkonsumsi buah alpukat.

3. Sumber Vitamin E yang tinggi.
Alpukat adalah buah yang mengandung Vitamin E yang cukup tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan untuk tubuh kita. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan. Sangat bermanfaat buka dari buah ini.

4. Sumber serat.
Alpukat juga mengandung banyak serat, baik serat larut dan serat tidak larut. Hal ini berarti ia juga membantu  mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus,  dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

5. Lebih sehat dan bebas resiko insektisida.
Berdasarkan informasi yang saya ketahui, hingga saat ini tidak ada tanaman alpukat yang direkayasa secara genetika. Alpukat memiliki kulit yang tebal, sehingga inti buah terlindungi dari pestisida. Dari alasan itu, alpukat bisa dikatakan sebagai buah organik.

6. Alpukat adalah makanan bagi otak.
Kenapa saya katakan seperti itu ? karena Alpakat adalah salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik , yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi resiko terkena Alzheimer, Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat dan telah terbukti secara klinis, mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal. Hem sangat banyak manfaatnya.

Baca Juga : 13 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Setiap Hari.

7. Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.
Makan alpukat dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali. Karotenoid adalah termasuk beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan yang lebih baik. Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang Anda pilih untuk dimakan bersama alpukat.

8. Membantu mencegah stroke.
Kandungan folat yang tinggi didalam buah alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stroke. Orang yang memakan makanan yang mengandung folat tinggi telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, dari pada yang hanya sedikit makan makanan yang mengandung folat.

9. Membantu menurunkan kolesterol.
Sebuah peneliti telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pembuktian ini didapatkan dari peserta yang memakan buah alpukat selama satu minggu, dan hal ini terbukti. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

10. Melindungi kesehatan mata.
Makan buah alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein  yang akan melindungi kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Jadi untuk kita yang ingin sering mengkonsumsi buah alpukat akan pasti tidak ragu lagi,karna sesuai yang kita bahas diatas kandungan-kandungan yang ada didalam buah alpukat sangat banyak dan juga sangat penting untuk tuguh kita.




Demikian dari pembahasan saya tentang manfaat buah alpukat untuk tubuh kita. Semoga apa yang ada dan apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang buah alpukat.terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...