15 Manfaat Mengkonsumsi Jagung Untuk Kesehatan

Sekarang kita akan membahas tentang Jagung, pasti semua pada tau kan bagaimana bentuk dan pohon dari jagung ini, saya yakin pasti pada banyak tau. Jagung atau dalam bahasa ilmiahnya (Zea mays ssp. Mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang sangat penting di dunia, selain dari gandum dan padi. Pada masa kini jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainya adalaha sebagai sumber minyak jagung dan bahan dasar tepung Maizena. Dan sekarang kita ketahui berbagai prodik turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri.

Sejarah asal usul jagung dan pesebaranya.
Petunjuk-petunjuk arkeologi mengarah pada budidaya jagung primitif di bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah, sejak 7000 tahun lalu. Sisa-sisa tongkol jagung yang ditemukan di Gua Guila Naquitz, Lembah Oaxaca berusia sekitar 6250 tahun; tongkol utuh tertua ditemukan di gua-gua dekat Tehuacan, Puebla, Meksiko, berusia sekitar 3450 SM. Bangsa Olmek dan Maya diktengarai sudah membudidayakan di seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalu dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil. Teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7000 tahun yang lalu,dan mencapai daerah penggunungan diselatan Peru pada 4000 tahun yang lalu. Pada saat inilah berkembang jagung yang beradaptasi dengan suhu rendah dikawasan Pegunungan Andes. Sejak 2500 SM, tanaman ini telah dikenal diberbagai dipenjuru benua Amerika. Dan sekarang juga banyak terdapat di tanah air kita Indonesia. (dikutip dari sumber terpercaya).

Setelah kita berbicara sejarah jagung diatas, dan sekarang kita akan membahas berbagai mnafaat mengkonsumsi jagung untuk kesehatan. Dan dibawah ini akan saya bahas tentang manfaat jagung.

Beberapa manfaat jagung untuk kesehatan.


1. Meningkat kesehatan organ pencernaan.
Kandungan serta serat  yang cukup tinggi didalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Oleh karena itu, berbagai masalah atau gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tidak akan menyiksa dan tidak akan merasa kesulitan lagi.

2. Memperkuat tulang.
Kandungan nutrisis sperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor yang ada didalam jagung, membantuk memperkuat dan memperkokoh tulang kita agar tidak mudah rapuh.

3. Menjadikan kulit lebih awet muda.
Tidak hanya kandungan yang ada pada zaitun saja yang bisa membuat kulit kita lebih mudah, ternyata jagung juga bisa. Antioksidan yang melimpah didalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit tubuh kita.

4. Menangkal gejala kurang darah atau anemia.
Biasanya seseorang selalu merasakan kepala pusing, itu merupakan satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan Vitamin B serta asam folat yang berpungsi mencegah anemia yang cukup efektip. 

5. Meningkatkan kesehatan organ jantung.
Jagung mempunyai nutrisi seperti Vitamin C. Karotenoid serta Bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolestrol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh kita.

Baca Juga : 12 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kiwi Untuk Kesehatan.

6. Menyehatkan organ penglihatan.
Jagung mengandung sumber beta karonten yang mana merupakan pembentuk Vitamin A didalam tubuh, jadi konsumsilah jagung dengan batas yang normal atau secukupnya saja untuk membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata.

7. Pencegah diabetes yang cukup efektip.
Fitokimian yang terdapat didalam tiap butir biji jagung akan mengatur penyerapan serta pelepasan hormon insulin didalam tubuh. Karna kandungan inilah yang membuat jagung adalah salah satu makanan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

8. Sumber kalori.
Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan sebagai makanan pokok. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi. Hal tersebut membuat jagung sering dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang cepat.

9. Mengurangi resiko wasir.
Kandungan serat yang terkandung didalam jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan diare.

10. Sumber vitamin.
Jagung kaya akan manfaat Vitamin B, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf. Biji jagung kaya akan manfaat Vitamin E,  sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh.

11. Kaya mineral.
Jagung mengandung mineral yang tinggi dan menguntungkan untuk tubuh. Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varietas jagung. Jagung juga mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain. Fosfor sangat penting untuk mengatur pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium diperlukan untuk menjaga detak jantung normal dan meningkatkan kekuatan tulang.

12. Sifat antioksidan.
Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, tidak seperti banyak makanan lain, memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis.  Manfaat Antioksidan telah terbukti mengurangi kanker karena kemampuan mereka untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, sementara sel-sel sehat tidak terpengaruh. Hal tersebut sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan, yaitu bahan kimia yang tinggi dalam jagung.

13. Melindungi jantung.
Menurut beberapa peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung, khususnya adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan ini berasal dari fakta bahwa jagung dekat kombinasi asam lemak yang optimal. Hal ini memungkinkan asam lemak omega-3 untuk menanggalkan yang merusak kolesterol “jahat” dan menggantinya di situs mengikat. Ini akan mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, akan mengurangi tekanan darah, dan mengurangi perubahan serangan jantung dan stroke.

14. Menurunkan kolesterol LDL.
Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL, dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penurunan kolesterol LDL tidak berarti pengurangan kolesterol HDL, yang dianggap “kolesterol baik” dan memiliki berbagai efek yang menguntungkan pada tubuh, termasuk pengurangan penyakit jantung, pencegahan dan aterosklerosis.

15. Mengontrol diabetes dan hipertensi.

Makan buah-buahan yang lebih organik dan sayuran seperti jagung, telah dianggap berkaitan dengan penurunan tanda-tanda diabetes. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa konsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi, karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan pasien untuk membantu mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.



Dilihat dari berbagai manfaat jagung diatas, makakita sebgaia penikmat jagung pasti tidak akan rugi mengkonsumsi jagung setiap hari, karna selain membuat kita kenyang karna jagung punya banyak serat, juga membuat kita sehat, diibaratkan kata pepatah sekali tepuk dua lalat yang mati,ya seperti itu lah keuntungan kita mengkonsumsi jagung, dan sangat bermanfaat untuk kita.

Sekian dari pembahasan saya tentang manfaat jagung untuk kesehata, semoga apa yang ada dan apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang jagung. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "15 Manfaat Mengkonsumsi Jagung Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...