8 Manfaat Zaitun Untuk Kesehatan

Berbicara tentang buah-buahan yang menghasilkan minyak dan banyak manfaatnya, maka kita pasti teringat dengan buah yang satu ini. Iya Buah Zaitun yang sekarang dikenal dengan buah yang sangat banyak mengandung minyak dan minyaknya juga sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan dan lain sebagainaya. Berbicara tentang zaitun, Zaitun atau bisa dikenal dengan nama (Olea Europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi. Buah zaitun yang mudanya bisa dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Biasanya untuk yang biasa menghasilkan minyaknya ialah dari buah yang sudah tua, buah yang tua diperas untuk menghasilkan minyaknya, kemudian diproses/diekstrak menjadi Minyak Zaitun yang biasa kita kenal dan dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalaha masih satu anggota dengan suku Oleaceae.

Pohon zaitun baru bisa menghasilkan buah saat berumur lima (5) tahun, dan pohon zaitun usianya dapat mencapai ribuan tahun (menurun sumber yang saya kutip diinternet). Sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon yang besar. Pohon zaitun yang berumur sudah ribuan tahun pernah ditemukan di Palestina, yang menurut informasinya pohon ini telah hidup hingga 2000 tahun. Buah zaitun mulai dipanen pada saat waktu masih berwarna hijau sampai sudah berwarna ungu.

Sedikit kita akan membahas ciri-ciri dari zaitun.
Pohon zaitun tumbuh sebagai pohon atau padu hijau abadi, dan mempunyai bunga berbentuk lonceng. memiliki batang yang pendek dan gemuk, tingginya jarang melebihi 8 – 15 cm (26 – 49 ft), kecuali varietas Pisciottanayang yang mempunyai pohon lebih besar dan tinggi. Bentuk daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu, berwarna hijau keperakan dan berbentuk lonjong dengan panjang berkisar antara 4 sampai 10 cm (1.6 – 3.9 in) dan lebar 1 sampai 3 cm (0.39 – 1.18 in). Batanya berbentuk keriput dan terpelintir, bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga yang kecil-kecil berwarna putih berbulu, dengan Calyx dan Corolla berbelah sepuluh, dua Stamen dan Stigma Bifid, biasanya bunga ini  tumbuh pada kayu tahun sebelumnya.

Baca Juga : 15 Manfaat Mengkonsumsi Jagung Untuk Kesehatan.

Berikut kita membahas beberapa manfaat zaitun untuk kesehatan.

1. Mencegah berbagai jenis kanker.
Pada buah zaitun mengandung zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut dengan lutein. Lutein membantu menghancurkan radikal bebas didalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Buah zaitun sangat ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.

2. Mencegah penuaan dini.
Sifat anti oksidan yang terkandung didalam buah zaitun unu selain untuk mencegah kanker, juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi dikulit. Karna sifat anti oksidan ini adalah zat yang bisa mengencangkan kulit dan merubah bentuk kulit yang tadinya kendor/keriput berubah menjadi kencang. Karna itu Zaitun salah satu digunakan untuk perawatan kulit.

3. Menyehatkan pencernaan.
Selain digunakan untuk perawatan kulit, buah zaitun juga memiliki beberapa manfaat untuk menyehatkan pencernaah. Sebab buah zaitun mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.

4. Mencegah penyakit jantung.
Beberapa orang memilih buah zaitun untuk menjaga kesehatan jantung, sebab buah zaitun mampu mengurangi tingkat kolestrol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolestrol baik.

5. Mampu mengurangi resiko diabetes.
Beberapa peneliti yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah zaitun, karna zaitun salah satu buah yang dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

6. Memperbaiki penglihatan.
Karna sifat anti oksidan yang ada didalam buah zaitun ini membantu untuk memperbaiki penglihatan, dan membantuk menyehatkan panca indra penglihat kita.

7. Mampu mencegah asma.
Vitamin C yang terkandung didalam buah zaitun mampu membantu untuk terhindar dari penyakit asma.

8. Membantu dalam mengobati anemia.
Tingginya jumlah zat besi yang ada di dalam buah zaitun akan meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh kita. Selain itu buah zaitun juga mampu meningkatkan oksigen didalam darah, sehingga membantu kita untuk lebih sehat.


Jadi selain dari minyaknya, ternyata mengkonsumsi buahnya juga sangat banyak manfaat untuk tubuh kita. hemmm memang indonesia ini kaya dengan alam rempah-rempah dan obat-obatan ya.

Sekian dari pembahasan saya tentang manfaat zaitun untuk kesehatan. semoga apa yang ada dan apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang seputar Biah Zaitu. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "8 Manfaat Zaitun Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...