Manfaat Super Mengkonsumsi Buat Bit

Buah Bit atau dikenal dengan nama Ubi Bit Merah (dalam bahasa inggris : beetroot) dimasukkan ke dalam kelas Beta Vulgaris dan subspecies group Vulgaris Conditiva.  Karna warnanya yang merah keungunan yang kuat. Selain untuk makanan, juga bisa digunakan sebahai pewarna makanan dan juga pengobatan. Umbi yang mempunyai warna merah keunguan dapat kita makan secara langsung sebagai bagian dari salad yang biasanya kita jumpai dengan campuran berbagai macama buah dengan sayuran lain. Atau juga direbus dan dipanggang. Dalam skala industri umbinya direbus dan di sterilisasi seperti dengan cuka. Di Eropa Timur sebagian penduduknya menggunakan buah ini sebagai sup dan merupakan sajian yang populer. Ubi Bit Merah ini bisa juga digunakan untuk membuat Anggur/Wine. Didalam kegunaan lain, Betanin yang didapat dari akar, digunakan dalam industri sebagai pewarna merah, untuk meningkatkan warna dan rasa di dalam psata tomat, saus, pencuci mulut, selai dan agar-agar, es krim, pemanis, sereal, dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaat dari buah bit dan warnanya.

Sejarah Pengguna Buah Bit

Pada abad pertengahan, Ubi Bit Merah dulunya digunakan untuk menyembuh beberapa penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan darah. Bertolomeo Platina menyarankan untuk mencampur Ubi Bit Merah dengan bawang putih untuk menghilangkan efek nafas bau bawang putih.

Kandungan Yang Ada Didalam Buah Bit Merah
Buah Bit atau Ubi Bit Merah mengandung banyak mineral, seperti zar besi, tembaga, kalium, fosfer, triptofan dan magnesium, juga mengandung karbohidrat, protein, serat larut, kaya antioksidan, caumarin dan folat. Didalam buah Bit juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6 dan B9, serta vitamin C. Hal yang penting adalah, kandungan folat dan vitaminnya sangat penting untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Kandungan Buah Bit, Manfaat Beserta Persentasinya dapat kita lihat di rincian berikut :
  • Asam folat sebesar 34%, manfaatnya untuk menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak. Selain itu dapat menunjang perkembangan otak pada janin.
  • Kalium sebesar 14,8%, manfaatnya menyeimbangkan kondisi cairan dalam tubuh.
  • Serat sebesar 13,6%, manfaatnya memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.
  • Vitamin C sebesar 10,2%, manfaatnya menjaga daya tahan tubuh dan merangsang pembentuk sel dan jaringan baru.
  • Magnesium 9,8%, manfaatnya menjaga fungsi otot dan sistem syaraf.
  • Zat besi 7,4%, manfaat membantu metabolisme energi dan mengikat oksigen dalam darah.
  • Tembaga 6,5%, manfaatnya membantu pembentukan sel darah merah.
  • Fosfor 6,5%, manfaatnya untuk memperkuat tulang.
  • Triftofan 1,4%, manfaatnya unutk mendukung pertumbuhan anak dan mempercepat penyembuhan saat sakit.
  • Caumarin berfungsi untuk mencegah munculnya sel tumor.
  • Betasianin berfungsi untuk mencegah munculnya sel kanker.

Beberapa Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan.

Adapun beberapa manfaat yang terkandung didalam buah bit yang kita konsumsi adalah :
1). Menurunkan Kadar Kolestrol.
Kolestrol adalah masalah yang tidak boleh diabaikan meski kelihatannya tidak berbahaya. Dengan kita mengkonsumsi buah bit secara rutin, maka kadar kolestrol dalam darah akan tetap stabil.

2). Menstabilkan Tekanan Darah.
Kandungan nitrat pada buah bit akan diubah menjadi nitrit yang akan membantu oto menjadi rileks, sehingga tekanan darah pun akan menjadi normal.

3). Megobati Penyakit Tumor dan Kanker.
Kandungan antioksidan yang ada didalam buah bit ini sangat tinggi,  karna kandungan yang tinggi pada buah bit dapat menghancur sel tumor dan kanker dakam tubuh, sehingga dengan penggunaan yang tepat  buah bit bit dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati kedua penyakit berbahaya tersebut.

4). Membersihkan Ginjal dan Kantung Empedu.
Ginjal dan kantung Empedu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dangan bantuan buah bit yang kita konsumsi, kerja dari kedua organ tersebut menjadi terbentuk dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

5). mencegah dan Mengobati Anemia.
Buah Bit mengandung zat besi yang berkhasiat dalam mengatasi penyakit anemia. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah mengedarkan oksigen ke seleuruh tubuh.

6). Mempertahankan Stamina Tubuh.
Kandungan karbohidrat pada buah bit akan membantu energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin makan stamina tubuh akan tetap terjaga.

7). Memperlancar Proses Pencernaan.
Buah Bit juga mengandung banyak serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan organ pencernaan, karena sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang bersama serat dalam bentuk feses.

8). Mengatasi Peradangan.
Meski dalam jumah kecil, buah bit mengandung kolin yang berfungsi mempertahankan struktur membran sel dan mengurangi peradanagan kronis. Selain itu kolin juga dapat membantu dalam pergerakan otot, penyimpanan memori dan tidur manusia.

9). Membantu Menjaga Kesehatan Hati.
Meski belum dilakukan penelitian lebih lanjut, ada dugaan bahwa buah bit mampu mengurangi timbunan lemak di hati sehingga hati dapat berfungsi dalam keadaan normal dan sehat.

10). Memperpanjang Masa Berolahraga.
Buah Bit membantu menyuplai lebih banyak energi sehingga dapat membuat seseorang lebih lama dalam berolahraga. Selain itu buah bit juga dapat mengurangi resiko sesak akibat masalah kardiovaskular dan penapasan sehingga membuat olahraga lebih nyaman.

11). Mengobati Penyakit Diabetes.
Buah Bit dapat mengobati penyakit diabetes secara merangsang dan meningkatkan produksi insulin serta mencegah proses oksidasi sel. Selain itu buah bit juga mengandung antioksidan sama alpha-lipoic yang mampu menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah.

12). Menjaga Kesehatan Otak dan Mencegah Pikun.
Senyawa nitrat yang terkandung dalam buah bit akan diubah menjadi nitrit. Fungsi nitrit sendiri yaitu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tentu saja pasokan oksigen ke otak akan meningkat. Kondisi tersebut akan membuat otak selalu sehat dan terhindar dari pikun.

Wow. ngeri juga ya ternyata manfaat dari buah ini, satu lagi ni ya, ternyata Buah Bit ini bisa juga kita gunakan untuk mewarnai rambut, dengan kandungan yang ada di dalam buah ini akan membuat rambut sehat meski, berbeda dengan jenis pewarna rambut yang sering digunakan orang yang di beli di toko-toko. Itu malah merusak kesuburan rambut. Dan juga katanya ya, ini katanya karan saya tidak pernah mencoba yang ini, katanya buah bit ini juga enak di buat jus, Hemmmm pastinya ya bagi yang suka mengkonsumsi jus buah, alangkah baiknya mencoba mengkonsumsi Jus Buah Bit ini. Semoga artikel ini bermanfata bagi yang mencari dan membutuhkan informasi tentang manfaat dari buah bit. Kunungi juga artikel-artikel saya yang lain. Trimakasih

0 Response to "Manfaat Super Mengkonsumsi Buat Bit"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...