12 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kiwi untuk Kesehatan

Buah kiwi atau nama latinya (Actinidia Deliciosa) adalah buah yang sangat mudah kita jumpai,  kiwi adalah sejenis buah Beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur. Buah kiwi yang normal berbentuk  Oval, kira-kira sebesar telur ayam antara 5 sampai 8 cm, dan diameter antara 4,5 sampai 5,5 sm. Dari bentuk yang tidak terlalu besar, tetapi buah ini sangat kaya serat, kulitnya berwarna hijau kecoklatan dan isi (dagingnya isinya) berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji yang kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik dan manis. Saat ini buah kiwi sudah banyakdibudidayakan di berbagai negara termasuk juga di Indonesia. Buah ini awalnya mempunyai nama Gosberi Cina, karna bentuknya yang mempunyai bulu tipis-tipis. Kemudian buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi dengan nama Melonette, dan kemudian diberi nama lagi dengan nama yang sekarang kita ketahui yaitu Kiwi. Nama buah ini sangat mirip dengan nama kiwi (burung yang tidak bisa terbang yang berasal dari Selandia baru)

Buah kiwi kaya akan nutrisi seperti Vitamin C, E, dan A (niacin, vitamin B6, da folat), kalsium, serat dan magnesium, namun rendah Natrium, kolestrol dan lemakjenuh. Sedikit kita lihat kandungan-kandungan yang terdapat pada buah ini. Kita ambil contoh Satu Porsi Buah Kiwi Sebesar 177g Mengandung : Kalori 108, Karbohidrat 26g, Serat pangan 5g, Vitamin C 133mg, Protein 2g, Sodium 5mg, Gula 16g, Kalsium 6%, Vitamin E 3%, dan zat besi 3%. Dalam buah kiwi terdapat Ion Potasium yang dapat menurunkan tekanan darah  tinggi. Hemmm dilihat dari hasilnya, buah kiwi sangat banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita.


Manfaat buah kiwi untuk kesehata.
Karna kita tau buah kiwi sangat banyak mengandung vitamin dan nutrisi untuk tubuh, dan kemudian mari kita ulas manfaat buah kiwi untuk kesehata.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular.
Sebuah studi menunjukan bahwa apabila mengkonsumsi buah kiwi sebanyak 2 sampai 3 perhari, maka sumber vitamin yang terkandung didalam buah kiwi membantu mengencerkan darah,mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan jantung.

2. Mencegah kanker.
Menurut salah seorang ternama di inggris Rowett Research, mengkonsumsi buah kiwi setiap hari akan memberikan dua kali lipat tingkat perbaikan DNA anda. Ini adalah jenis kerusakan genetik yang dapat bertanggung jawab terhadap kanker.

3. Sangat baik untuk ibu hamil.
Ibu hamil membutuhkan 400 sampai 800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat mambantu perkembangan otak dan kognitif serta menvegah cacat saraf pada bayi.

Baca Juga : 9 Manfaat Mengkonsumi Buah Kiwano,Melon Bertanduk.

4. Baik untuk kesehatan jantung.
Salah satu Universitas di Norwegia telah melaporkan bahwa jika kita mengkonsumsi 2 atau 3  buah kiwi sehari, maka dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengencerkan darah dan mengurangi pembekuan darah.buah kiwi ini juga mampu menurunkan tingkat trigliserida (lemak) dalam darah dengan rata-rata hingga 15%.

5. Baik untuk kesehatan kulit.
Buah kiwi juga mengandung lebih banyak kalium dibangingkan dengan buah Pisangisang. Dan tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi juga lebih banyak dari buah Jeruk. Kiwi juga kaya akan Vitamin E dan Alfa Linoleic, asam lemak esensial, ini semua merupakan vitamin dan mineral yang sangat penting untu perawatan kulit.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Kandungan antioksidan yang terkandung didalam buah kiwi yang kaya dan vitamin C juga mambantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang oleh virus penyakit seperti flu, dll.

7. Baik untuk kesehatan mata.
Tidak hanya pada buah lain, pada buah kiwi juga banyak terdapat sumber vitamin yang baik untuk mata. Kadar karotenoid yang terdapat didalam buah kiwi membantu melindungi mata dari radikal bebas.

8. Sangat baik untuk pencernaan.
Kiwi hijau mengandung actinidia (enzim alami yang memecah protein). Buah ini juga memiki kandungan tinggi serat yang mampu membantu memperbaiki buang air besar agar lebih lancar. Serat dari buah kiwi juga telah diteliti mampu membantu membersihkan sistem pencernaan. Dan tak hanya itu, vitamin C yang ada didalam buah kiwi diyakini pula bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

9. Sumber nutrisi.
Buah kiwi disebut sebagai “nutritional all-star” yang berarti bahwa buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik.konsumsilah buah ini sebagai menu sarapan, karena buah kiwi kaya akan magnesium yang mampu mengubah makanan menjadi energi.

10. Mengurangi resiko asma.
Buah kiwi mengandung lebih banyak vitamin C jika dibandingkan dengan buah jeruk dalam takaran yang sama.menurut sebuah penelitian international Journal Of Medicine Respireratory di itali yang dipublikasikan Thorax, anak-anak yang memakan 5 sampai 7 porsi buah kiwi berpeluang 44% lebih sedikti menderita asma, dibandingkan dengan yang diberi buah kiwi hanya sekali seminggu.

11. Membunuh racun.
Kiwi memiliki serat Fuzzy yang akan membantu meningkatkan racun dan kemudian membuangnya dari saluran pencernaa, serta buah ini juga membantu kita terhindar dari resiko sembelit atau gangguan pencernaa lainya.

12. Menyeimbangkan alkaline didalam tubuh.
Manfaat buah kiwi bagi kesehatan diyakini memiliki pasokan mineral yang mampu menggantikan tingkat asam berlebih. Maka dari itu buah yang satu ini termauk kedalam katagori paling basa. Ini artinya buah ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit arthtritis, osteoporosis, menambah energi, menyehatkan kulit serta membuat tidur lebih nyenyak.

Itulah manfaat-manfaat yang ada didalam buah kiwi, jadi menurut saya semakin banyak kita mengkonsumsi buah kiwi setiap hari,maka semakin lebih baik untuk tubuh kita, karna buah ini sangat banyak mengandung serat dan vitamin serta frotein yang baik untuk tubuh kita.



Sekian untuk pembahasan saya tentang manfaat buah kiwi untuk kesehatan, semoga apa yang saya tulis dan apa yang ada didalam blog ini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi seputar manfaat buah-buahan. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan.

0 Response to "12 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kiwi untuk Kesehatan"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...