9 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kiwano, Melon Bertanduk

Kali ini kita akan membahas buah yang sedikit aneh, dari bentuknya berduri dan isinya sedikit seperti buah mentimun. Buah ini biasanya dikenal dengan nama Buah Kiwano, iya buah kowano atau nama panggilan lainya Melon Bertanduk. dari namanya aja udah sedikit aneh didengar bukan, hehehee...... untuk kali ini kita akan membahas manfaat buah kiwano.jangan dikira denganbentuknya seperti itu tidak ada manfaatnya, memang dia mempunyai bentuk yang aneh, tetpai banyak khasiat dan manfaatnya loh..

Sedikit kita membahas tentang buah kiwano.
Buah kiwano (Cucumis Metuliferus) atau biasa disebut dengan nama Melon bertanduk ini habitat aslinya berasal dari Afrika Selatan, kemudian diperkenalkan ke beberapa belahan dunia seperti Australia dan Selandia Baru. Dan pada saat itulah buah tersebut diberi nama Kowano.

Memang dari bentuknya yang sedikit aneh, tapi siapa sangka buah ini banyak mengandung manfaat unutk tubuh kita. Beberapa manfaat kesehatan paling mengesankan dari buah kiwano ini termasuk diantaranya dapat meningkatkan kemampuan kognitif, mencegah beberapa penyakit kronis, mambantu menurunkan berat badan , melindungi kulit agar tetap segar dansehat, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang terkandung didalam buah ini. Buah kiwano ini kaya akan serat dan berbagaivitamin yang terkandung didalamnya, antara lain Vitamiin A dan C. Vitamin C merupakan salah satu Antioksidan yang kuat, sehingga buah kiwano tidak jarang disebut segabai buah Antioksidan. Buah kiwano mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan buah sejenisnya,semisal melon dan semangka. Setiap 100 g daging buah kiwano mengandung 1,13 mg zat besi, sedangkan semangka hanya 0,24 mg dan melon 0,17mg. Selain itu buah kiwano juga kaya akan Betakaroten hingga 88 mikrogram. Dinegara asalnya, buah ini dapat tumbuh alami diladang maupun disemak-semak, tanaman ini dapat tumbuh subuh didaerah yang bersuhu sekitar 25o C. Dan pada saat ini, buah kiwano sudah banyak dibudidayakan diberbagai negara,termasuk juga di Indonesia.



Berikut berbagai manfaat dan kegunaan dari buah kiwano. Kita ulas manfaat buah kiwano dibawah ini.

1. Membantu  menurunkan berat badan.
Buah kiwano memiliki kandungan air sebesar 80%, orang yang memiliki masalah berat badan,boleh memilih buah ini sebagai solusinya. Karna buah ini mengandung nutrisi yang tinggi serta dapat mencegah rasa lapar. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah kiwano setiap hari. Unutuk anda yang memiliki masalah berat badanakan langsumg merasakan manfaat dalam waktu yang relati singkat.

2. Mengandung antioksidan alami.
Didalam buah ini terdapat kandungan tinggi alpha-tocopherol, yang merupakan bentuk antioksidan yang kuat dari Vitamin E. Hal ini sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembuluh darah, disi lain juga dapat mengeluarkan dan menetralkan radikal bebas efek samping dari produk yang dapat menyebabkan penyakit jantung hingga kanker.

3. Menigkatkan kesehatan mata.
Jumla signifikan dari vitamin A yang ditemukan didalam buah kiwano ini menjadikan sebagai pendongkrak utama dalam menigkatkan kesehatan mata. Vitamin A adalah jenis karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan untukmata, menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi makula, serta dapat mencegah perkembangan katarak.

4. Fungsi kognitif.
Meskipun bayak nutrisi lain yang dapat mempengaruhi otak, vitamin E secara khusus telah terbukti mampu memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer dan Dimensia (kepikunan). Tinggi jumlah tokoferol yang terkandung dalam buah kiwano membuatnya menjadi makanan favorit unutk kaum mudan maupun tua yang ingin menjaga pikiran mereka agar tetap tajam den selalu sehat.

5. Meningkatkan proses metabolisme.
Zink merupakan mineral yang sering terabaikan dalam kesehatan manusia, namun dalam meningkatkan kesehatan metabolisme, serta dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk penyembuhan luka dan perbaikan organ, jaringan otot, pembuluh darah serta sel-sel dalam tubuh.


Baca Juga : Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan.

6. Menjaga agar kulit tetap sehat.
Antara vitamin A, vitaminC, antioksidan alami dan senyawa organik yang melimpah, kowano adalah solusi mudah untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan awet muda, baikdari dalam maupun dari luar. Kiwano (melon bertanduk) ini dikenal memiliki kemampuan untuk melindungi keutuhan kulit dan mengurangi bintik-bintik karena penuaan dan keriput. Manfaat lain, untukkulit juga dapat menyamarkan atau menghilangkan bekas luka.

7. Mengatasi stres dan kecemasan.
Hasil dari sebuah penelitian membuktikan adanya hubungan antara senyawa organik dalam buah kiwano dengan proses regulasi dalam tubuh, terutama adrenalin dan hormon stres lainya. Jika anda penderita stres kronis atau selalu merasa cemas, makan buah kiwano adalah solusinya, dengancepat dapat mengurangi beban pikiran dan mengembalikan tubuh anda dalam kondisi yang tenang dansantai.

8. Mambantu proses pencernaan.
Kandungan serat yang tinggi yang ada didalam buah kiwano membuatnya menjadi salah satu solusi dalam membantu melancarkan proses pencernaan, serta membantu merangsang gerak peristaltik, membersihkan saluran pencernaan, menjaga pergerakan usus agar tetap teratur, mencegah kram, kembung, sembelit dan kondisi yang lebih serius seperti radang lambung hingga kanker usus besar. Juga merupakan elemen penting bagi kesehatan jantung,karena mambantu mengatur tingkat kolestrol dalam tubuh, bahkan membantu mengatur respon insulin hingga dapat mencegah diabetes.

9. Meningkatkan kekuatan tulang.
Buah kowano juga mengandung mieral yang tinggi, terutama kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang serta mecegah tumbuhnya Osteoprosis. Sementara mineral lainya yang terdapat didalam buah kiwani ini seperti zink, juga sangat penting dalam membantu perkembangan, pertumbuhan, perbaikan dan keutuhan tulang. Kalsium adalah mineral yang paling diperlukan untuk kesehatan tulang.




Jadi sangat banyak manfaat dari buah yang aneh ini. Jangan dilihat dari bentuknya yang sedikit unik dan aneh ini, tetapi lihatlah hasil dan manfaat yang didapat dari buah ini untuk tubuh kita, maka semakin sering kita mengkonsumsi buah ini, semakin baik untuk tubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk anda yang suka mengkonsumsi buah kiwano ini.karna sangat banyak mengandung manfaat. (dikutip dari beberapa sumber terpercaya)

Sekian untuk pembahasan dari manfaat buah kiwano untuk tubuh kita, semoga apa yang saya tulis dan apa yang saya terangkan bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "9 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kiwano, Melon Bertanduk"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...