Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah Durian yang biasa disebut orang si Raja Buah. Iya si raja buha... karna dari buah durian ini dia memiliki kulit yang berbeda dari yang lainya. Hemmmm dari pada sayangoceh terlalu panjang, dan sekarang mari kita lihat ulasan berikut ini tentang buah durian.

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, dari nama buah yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang berbeda dari yang lainya, yang keras dan berduri tajam. Sebutan populer dari nama buah ini ialah “Raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang  Kontrovesial. Mempunyai aroma yang khas dan rasa yang enak, meskipun banyak orang yang menyukainya,namun ada juga sebagian yang muak dengan aromaya. Sesungguhnya tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal, tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Bermacam-majam jenis durian yang bisa dimakan dan juga bisa ditemukan di pasar di Asia Tenggara diantaranya adalah (D. Kutejenis), kerantungan (D. Oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. Graveolens), dan lahung (D. Dulcis).

Sedikit kita akan membahas daerah atau penyebaran dari buah ini.
Pusat keaneka ragaman buah durian adalah Pulau Kalimantan. Dan didaerah-daerah sekitarnya juga memiliki beberapa plasman nutfah durian, seperti didaerah Mindano, Sumatra, dan Semenanjung Malaysia, meskipun tidak sebanyak dan semelimpah di daerah Kalimantan. Meskipun demikian,pengekspor utama durian adalah dari Thailan, yang mampu mengembangkan kultivar dengan mutu yang tinggi dan sistem budidaya yang baik. Selain di Thailan, beberapa daerah juga membudidayakan durian dengan orientasi ekspor, seperti di Mindano di Filipina, Queensland di Australia, Kemboja, Laos, Vietnam, India dan terakhir dari Sri Langka. Sekilas info,heheee..... Di Filipina, pusat penghasilan durian adalah di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawan merupakan perayaan tahunan untuk durian di Davao City.

Sebelum kita masuk membahas tentang manfaat dari buah durian ini,alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu tentang kehidupan dan pertumbuhan dari pohon durian ini.

Pohon tahunan (buah tahunan “durian”)  dapat tumbuh tinggi hingga mecapai ketinggian 25 sampai 50 m, tergantung dari spesiesnya. Pohon durian sering memiliki banis (akar papan). Pepagan (kulit batang) berwarna coklat kemerahan, mengelupas tak beraturan, tajuknya rindang dan renggang. Daunya berbentuk jorong hingga lanset, 10 – 15 (-17) cm x 3 – 4,5 (-12,5) cm, terletak berseling dan mempunyai tangkai, mempunyai tangkai yang lancip atau tumpul dan berujung lancip melandai. Sistem pertumbuhan bunganya (bakal buah) mucul langsung dari batangnya (cauliflorous) atau cabang-cabang yang tua di bagian pangkal (proximal). Berkelompok dalam kerangka bersisi 3 sampai 10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kuncup bunganya membulat sekitar 2 cm diameternya, mempinyai tangkai yang cukup panjang. Bentuk buahnya dapat tumbuh mencapai 1,5 hingga 5 kilogram. Untuk proses pemasakan dipohon dari awal hingga masak memerlukan 4 sampai 6 bulan, dan mempunyai biji yang lumayan besar. Biji ini juga bisa dimakan dengan proses dimasak terlebih dahulu.

Setelah lumayan jauh kita membahas tentang buah durian ini (siraja buah), dan sekarang saatnya kita membahas manfaat dari buah durian ini.

Beberapa manfaat dari buah durian.

Mengatasi penykit anemia.
Kandungan asam folat yang ada pada buah durian ini dan Vitamin B9 menjadikan buah berdaging dan mempunyai bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa diatasi.

Baca Juga : 7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Melon Setiap Hari.

Bagus untuk kesehatan kulit.
Mengandung vitamin C dalam buah durian ini menjadikan buah ini bagus untuk kesehatan kulit dan memcegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit.  Vitamin didalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus untuk menjaga kerusakan sel kulit.

Bermanfaat untuk tulang dan persendian.
Kandungan potasium dan kalsium yang ada didalam durian sangat bermanfaat untk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari, pergelangan kaki, dan yang lain-lain.

Mampu mengatur kesetabilan darah.
Buah durian bisa mengstabilkan darah, hal ini dikarnakan didalam buah ini mengandung mangan. Meskipun demikina, tetap tidak bagus kalau dikonsumsu dalam jumlah yang banyak dan berlebihan.

Penagnkal depresi secara alami.
Buah durian mengandung Vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotonin inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang anda.

Nutrisi bagi tulang dan gigi.
Didalam buah durian ini mengandung kalsium, kalium dan vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

Untuk pencernaan yang lebih sehat.
Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandunganserat ini yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat berkerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bisa diatasi.

Menstabilkan kadar gula didalam tubuh.
Buah durian mengandung mangan yang mana berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal dan stabil.

Sedikit Peringatan !!
Sebaiknya kita tidak mengkonsumis buah durian secara berlebihan,karna bisa bedampak tidak baik. Jadi gunakanlah dan makan lah secukupnya saja.



Demikian dari pembahasan saya kali ini tentang manfaat durian untuk kesehatan. Semoga apa yang ada dan apa yang saya tulis disini bermanfaat untuk yang membutuhkan informasi. Dan terimakasih telah berkunjung ke blog saya, sallam.



0 Response to "Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...