14 Manfaat Super Buah Mentimun Untuk Kesehatan

Setelah beberapa macam saya momposting tentang manfaat buah-buahan. Dan sekarang giliran Buah mentimun lagi yang akan saya bahas. Dipertemuan kali ini saya akan berbagi informasi tentang beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan. Sebelum kita membahas apa saja itu manfaat dari buah mentimun, alangkah baiknya kita kenali dulu tentang buah mentimun itu sendiri.

Mentimun  atau Timun  atau Ketimun. Dalam bahasa ilmiaanya adalah (Cucumis Sativus L) merupakan tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun masih dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Biasanya buah mentimun ini dapat dipanen kita belum masak atau dalam masa beranjak pendewasaan buah yang bisa kita olah untuk dibuat sebagai syur atau untuk dilalap. Buah mentimun adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak didalamnya sehingga bisa difungsikan sebagai untuk menyejukkan.dan juga biasanya potongan dari buahmentimun kebanyak orang terutama para wanita biasanya digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyakdipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, yang artinya setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Berbungaanya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Pada pertumbuhan bunga pertama dihasilkan biasanya pada usia 4 sampai 5 minggu, adalah bunga jantan. Biasanya pohon mentimun satu tumbuhan dapatmenghasilkan 20 buah, namun didalam pembudidayaan mentimun untuk pembuahanya dibataskan, tujuan untuk menghasilkan buah yang bagus.

Setelah lumanay juga lah ya. Hehehe.....lumayan juga saya membahas tentang buah mentimun, dan sekarang saya akan masuk kedalam apa yang saya bilang pada awalnya. Berikut akan saya bahas beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang terkandung didalam buah mentimun antara lain:

1. Penghilang racun ditubuh secara efektif
Mungkin sudah pada banyak tau ya kalau buah mentimun itu banyak mengandung air. Kandungan air didalam mentimun yang hampir 95 persen akan memiliki efek menghilankan racun didalam tubuh melalui Urine maupun keringat yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari seperti kita membuat kegiatan yang bisa menghasilkan keringat.

2. Penangkal kanker yang sangat baik
Hal ini dikarnakan Mentimun mengandung Lignin yang memiki fungsi mencegah dari berbagai jenis kanker yang mengancam jiwa, seperti kankerpayudara, ovarium, rahim serta prostat.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah mentimun berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit, maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain yang bisa menimbulkan virus penyakit.

4. Pencegah sembelit
Kandungan air yang sangat banyak didalam buah mentimun serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buag air besar atau menghilankan sembelit yang mungkin anda alami.

5. Mampu mengontrol tekanan darah menjadi lebih baik
Kandungan kalim, magnesium serta serat-serat yang ada didalam mentimun ternyata sangat efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi, maupu tekanan darah rendah. Jadi kandungan-kandungan yang terkandung didalam Mentimun sangat baik untuk membantu mengontrol tekanan darah anda.

6. Mengurangi kadar kolestrol
Hal ini dikarnakan mentimun mengandung sebuah senyawa yang bernama Sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolestrol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Yang kita ketahui sekarang ini penyakit Kolestrol sangat mebahayak bagi tubuh kita, jadi mengkonsumsi mentimun adalah salah satu cara kita mengobati atau mencegah secara alami, karna selain mentimun ini mudah didapat, dan juga harganya juga tidak terlalu mahal.

7. Mengobati secara alami bagi penderita diabetes
Timun atau Mentimun mengandung sebuah hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang anda miliki.

8. Melindungi otak
Didalam buah mentimun terdapat beberapa jumlah zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti Flavanol (fisetin). Yang memiliki menfaat dalam meningkatkan memori pengingat dan melindungi sel-sel saraf. Dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada sebuah penelitian yang dipraktekan kepada seekor tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

9. Asupan antioksidan
Sebagian dari buah mentimun kita pasti tau sangat banyak manfaat untuk tubuh kita. selain itu ketimun juga kaya dengan beragam Antioksidan yang terdiri dari beberapa diantaranya.
- Flavonoid
- Quercetin
- Apigenin
- Luteolin
- Kaempferol
- Dan juga termasuk Vitamin C dan Beta Karoten.
Antioksidan yang terkandung didalam mentimun dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk juga penyakit jantung.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Biar Kamu Makin Pede.

10. Mampu menjaga asupan air bagi tubuh
Didalam buah mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibangingkan dengan air biasa. Mengkonsumsi mentimun dapat menghindari dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan roksin dalam tubuh.

11. Menyehatkan jantung
Yang terkandung didalam jus mentimun berupa kalium seperti pada Buah Pisang. Juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi ataupun darah rendah. Keseimbangan kalium pada sel-sel sangat lah penting bagi tubuh untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh. Sebagai elektrolit kalium adalah Ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu. Dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini juga meliputi interaksi zat terhadap sodium untuk membantu transmisi implus kontrol saraf, kontraksi otot, dan juga pungsi jantung.

12. Mampu menjaga berat badan yang sehat
Wajib kita ketahui, pada buah ketimun sangat rendah kalori. Baik untuk membuat cemilan. Seperti contoh satu cangkir mentimun hanya mengandung 16 kalori. Serat larut pada mentimun bertekstur seperti gel dalam usus yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama, inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa makanan yang kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

13. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi
Mengkonsumsi mentimun dengan cara mengunyahnya dapat membantu meransang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh didalamnya. Penyakit gusi lain seperti Pyorrea secara efektif dapat diobati oleh mentimun.

14. Mendukung pencernaan yang sehat
Pada buah mentimun terdapat dua (2) komposisi dasar yang paling kaya keberadaanya dan paling diperlukan untuk penceranaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah didalam buah mentimun mampu membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran yang lebih cepat untuk pencernaan yang sehat.



Dilihat dari mebahasan diatas, semakain banyak kita mengkonsumsi mentimun makan semakin baik untuk tubuh kita. Karna semua kandungan vitamin dan serat yang ada didalam mentimun sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi sekarang tidak akan merugi bila kita banyak mengkonsumsi mentimun. Hemmm ternyata sangat banyak manfaat untuk tubuh kita.

Sekian pembahasan saya tentang manfaat buah mentimun untuk kesehata. Semoga postingan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang manfaat buah-buahan. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga : Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan.

0 Response to "14 Manfaat Super Buah Mentimun Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...