Mengenal Siwak, Akar Pohon Yang Digunakan Nabi Muhammad Untuk Membersihkan Gigi

Siwak atau Miswa ( Arab : سواك ) adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora Persica yang dugunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut kita. Oleh karna itu, semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan utntuk bersiwak jika akar atau batang pohon itu memiliki persyaratannya, yaitu lembut, sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak, karena bisa merusak gusi dan email pada gigi.  Bisa membersihkan danberserat serta bersifat bawah, sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak, saratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak, sehingga bisa mengotori mulut.


Kita akan mengenal Siwak yang digunakan Nabi Muhammad Untuk membersihkan gigi.

Beliau menggunakan akar pohon siwak yang uniknya ternyata juga masih banyak digunakan sebagian masyarakat Timur Tengah untuk membersihkan giginya. Seperti apakah siwak yang bisa membersihkan gigi ini ??

Pakar biologi menyebutkan jika pohon siwak ternyata memiliki ukuran yang cenderung kecil dengan dahan yang melengkung dan kulit yang pecah-pecah. Ranting pohon siwak yang berserat juga memiliki aroma yang enak dan rasa yang tajam, sehingga bisa digunakan sebagai sikay gigi. Namun, sebenarnya akar pohon siwaklah yang banyak digunakan sebagai pembersih gigi. Pohon siwak sendiri banyak ditemui dilingkungan yang cenderung kering layaknya gurun atau tepi sungai di Jazirah Arab, Afrika Utara, atau bahkan India.

Sejarah membuktikan bahwa siwak sudah dugunakan sejak jaman Mesopotamia kuno sebagai alat yang bisa membersihkan gigi dan mulut. Bahkan, penggunaan siwak juga menyebar hingga ke Kerajaan Yunani dan Romawi, hingga akhirnya diadopsi oleh kerajaan Islam.

Bentuk Pohon Siwak
Menurut pakar kesehatan, akar siwak ternyata memiliki kandungan potessium, sodium karbonat, kalsium oksida, sodium, hingga klorida yang bisa membuat bagian enamel gigi menjadi lebih kuat. Kulit pohon siwak juga memiliki Antibiotik alami yang bisa mencegah perkembangan bakteri atau plak pada gigi yang bisa menyebabkan masalah seperti gigi berlubang. Dr. Mohammad Ramzi yang merupakan pakar kesehatan gigi di Swiss sendiri sangat menyarankan penggunaan siwak untuk membersihka gigi setidaknya tiga kali dalam sehari. Maksimal,kita juga bisa mengkombinasikan siwak dengan penggunaan benang gigi.
Baca Juga : Manfaat temulawak untuk kesehatan
Nah ini lah yang wajib kita ketahui dari siwak itu sendiri, karna dalam bahasan lain bisa disebut sebgaia pengganti pasta gigi yang selama ini kita gunakan, bahkan mungkin lebih baik manfaat siwak dari pada pasta gigi. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa Share ke teman, siapa tau ada teman-teman kita yang embutuhkan informasi ini.

2 Responses to "Mengenal Siwak, Akar Pohon Yang Digunakan Nabi Muhammad Untuk Membersihkan Gigi"

  1. klu d rebus llu air nya boleh ngk d minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya jelaskan di atas, siwak digunakan cuma untuk membersihkan gigi, selayaknya pengganti sikat gigi. jika air rebusannya diminum,untuk itu saya belum dapat referensinya gan apakah boleh atau tidaknya.

      Delete

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...