INGAT..!! Bahaya Mengkonsumsi Pepaya Berlebihan, Ini Akibatnya

Buah Pepaya atau Betik atau "Kates" dalam bahasa Jawa (Carica Papaya L.) adalah tumbuhan yang asal mulanya dari Meksiko bagian selatan, dan dari bagian utara adalah Amerika Serikat. Dan sekarang telah menyebar luas di seluruh penjuru dunia yang beriklim tropis untuk di ambil buahnya. Buah Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam Genius Carica. Dan satu hal yang wajib kita tau, apa lagi kita yang berasal di Negara Indonesia, nama pepaya dalam bahasa indonesia di ambil dari bahasa Belanda, "Papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "Papaya". Nama panggilan Pepaya berbeda-beda sesuai dengan suku dan bahasanya,contoh dari bahasa Sunda di kenal dengan panggilang "Gedang".


Sedikit Kita Akan Membahas Dari Pohon Pepaya.
Pohon Pepaya yang kita kenal umumnya tidak bercabang keras, hanya batang dari dasar daun saja. Pohon Pepaya bisa tumbuh hingga setinggi 5 sampai 10 m dengan daun-daun yang membentuk serupa spiral pada batang pohon atas. Daunya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengahnya.

Baca Juga : Ternyata Daun Senduduk / Keduduk Bisa Menjadi Sebagai Betadin Alami.

Pepaya adalah Monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin, tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul, tidak bisa menghasilkan biji yang subur, dan biasanya digunakan sebagai bahan obat tradisional. Bentuk bungan memiliki mahkota dan berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk dan tumbuh pada batang.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Pepaya.

Buah Pepaya di anggap sebagai salah satu buah yang mengandung banyank vitamin C, vitamin c yang terkandung di dalam buah pepayah melebihi jeruk yang kita tau juga banyak mengandung vitamin C. Namun, vitamin C buhan satu-satunya yang di miliki pepaya, selain vitamin C, vitamin A, E, B, dan Antioksidan seperti, Karoten, Zeaxanthin dan Flavonoid juga ada di dalam buah ini. Bahkan beberapa mineral penting seperti Kalium, Kalsium, Magnesium dan Zat Besi juga terkandung di dalam buah ini. 100 gm pepaya bisa mengandung 9,8 g karbohidrat, 5,9 g gula, 1,8 g serat, o,6 g protein, 61,8 mg vitamin C, vitamin E 0,9 mg, 284 IU Vitamin A, Kalsium 24 mg, 10 mg magnesium, 257 mg kalium, 5 mg Fosfor, dan sekita 0,10 mg zat besi. Sekita 140 g pepaya dapat memberi 55 kalori. Selain itu pepaya juga mengandung Enzim Proteolitik, Papain dan Chymopapain yang dapat memecah protein menjadi asam amino. Ini lah alasan mengapa pepaya secara meluas di gunakan untukmelunakkan daging. 

Setelah di atas kita membahasa tentang bentuk pohon pepaya, tinggi dan tumbuh serta bentuk daun dan bunga bakal buah, sekarang kita akan membahas manfaat-manfaat apa saja yang terkandung di dalam buah pepaya untuk tubuh kita, kita simak di bawah ini.

Bentuk dari bunga pepaya

Manfaat-manfaat mengkonsumsi pepaya.

1. Kaya Antioksidan.
Buah Pepaya adalah buang yang kita ketahui mengandung anti oksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, Flavonoid, Folat, Vitamin A, Asam Panthotenic, Mineral, Magnesium, Vitamin E, Kalium, Serat dan Vitamin B. Kandungan Anti Oksidan dapat memberi perlindungan terhadap penyakit kanker usus besar.

2. Mencegah Penyakit Jantung.
Karena pepaya yang kita tau banyak mengandung antioksidan, maka juga membantu mencegah oksidasi kolestrol di dalam jantung. Kolestrol tinggi dapat menyebabkan tekenan serangan jantung dan stroke. Dan masalah ini dapat dicegah dengan memanfaatkan buah pepayah, seiring dengan itu buah pepaya juga bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam jantung.

3. Memperkuat Sistem kekebala Tubuh.
Kandungan vitamin A dan vitamin B di dalam buah pepaya yang diperlukan untuk meningkat kan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat, maka dengan mengkonsumsi buah pepaya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa macam penyakit seperti Pilek, Bantuk dan Flu.

4. Anti-Inflamsi.
Pada buah pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain, sehingga dapat membantu dalam penyembuhan luka. Orang yang menderita kondisi ini harus sering memasukan pepaya dalam pola makan harian.

5. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru.
Vitamin A yang terkandung di dalam buah pepaya sangat bermafaat bagi orang-orang yang memilik paru-paru yang lemah. Buah pepaya akan mengurangi kemungkinan tertular penyakit yang muncul akibat dari paru-paru yang lemah, seperti bronkitis, serta kanker dll. Ini adalah salah satu manfaat yang penting pada buah pepaya.
Bentuk dari buah pepaya yang masih di pohon

6. Khasiat Pepaya Untuk Kulit.
Zat berbahaya dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit yang buruk. Dengan mengkonsumsi buah pepaya, sifat antioksidan dari kandungan buah pepaya dapat membantu mengontrolnya.

7. Menguatkan Sistem Imun.
Vitamin C dan Vitamin A yang diproduksi dalam tubuh, senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karna itu pepaya mungkin menjadi pilihan tubuh yang baik dan sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, filek, flu serta merdakan demam.

8. Menyehatkan Tulang.
Kekurangan asupan vitamin K, banyak dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi-ekskresi kalsium.

9. Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes.
Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 (satu) yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah, dan penderita diabetes tipe 2 (dua)  mungkin  meningkatkan gula darah, lipid, dan insulin. Dengan 1 (satu) buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

10. Baik Untuk Pencernaan.
Manfaat pepaya yang satu ini pasti sudah tidak di ragukan lagi, jika anda susah BAB (Buang Air Besar), maka buah pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim papain yang berguna dalam membantu pencernaan. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi, kedua nutrisi tersebut sangat baik dalam mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

Nah.... Selain dari manfaat-manfaat di atas dan di luar dari tulisan saya ini yang kita ketahui, ada efek samping dan bahanya juga bila kita mengkonsumsi pepaya secara berlebihan. Karna setiap apaun yang kita gunakan secara berlebihan pasti mengandung efek sampingnya. Kita bahas bahaya dan efek samping pepaya.

Baca Juga : Terungkap Dengan Jelas, Ternyata Sayuran Dan Buah-Buahan Inilah Yang Bisa Menaikan Berat Badan Anda.

Bahaya mengkonsumsi pepaya berlebihan.

1. Perubahan warna kulit jadi lebih kuning.
Ini salah satu efek sampingnya mrngkonsumsi pepaya berlebihan. Pepaya berwarna oranye karna mengandung beta karoten di dalamnya. mengkonsumsi terlalu banyak ternyata mampu menyebabkan perubahan warna kulit dalam kadar yang rendah yang disebut dengan Karotenemia. Telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling terlihat akibat perubahan warna ini. Meski tidak berbahaya, namun kamu harus mengurangi mengkonsumsi pepaya jika hal ini terjadi pada kulit.


2. Gangguan pernapasan.
Pada buah pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan. Bagi anda yangmudah elergi, enzim papain bisa menyebabkan demam, asma, sesak napas, hingga hidung tersumbat.

3. Pembentukan batu ginjal.
Pepaya mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah. Wajib kita ketahui, mengkonsumsi pepaya secara berlebihan, yang berarti kamu juga akan berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin C, yang bisa mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung dengan pembentukan batu ginjal.

4. Gangguan pencernaan.
Meski pepaya tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut akibat kandungan enzim papain di dalamnya.

Nah... Itu efek samping dan bahaya jika kita mengkonsumsi pepaya secara berlebihan, tetapi jangan takut, hal itu bisa kita atasi dengan cara, kita sadar mengkonsumsi pepaya tersebut, terlalu banyak mengkonsumsi palingan kita merasa enek dan muak mau makan lagi, iya kan,,, hehe..
Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan, ingat bahayamengkonsumsi pepaya. hehe.

2 Responses to "INGAT..!! Bahaya Mengkonsumsi Pepaya Berlebihan, Ini Akibatnya"

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...