INI MANFAAT BUAH NANGKA YANG TIDAK PERNAH KITA TAU !!

Nangka adalah nama jenis pohon, sekaligun nama buahnya. Nangka atau dalam bahasa ilmiahnya Artocarpus Heterophyllus termasuk kedalam suku Moraceae, atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai Jackfruit.

Sekilas kita menjelaskan bentuk dari pohon nangka dan buahnya.
Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar lebih kurang 20 m tingginya, dan juga bisa mencapai 30 meter. Bentuk batang bulat silindris dan berdiamete sampai sekitar 1 meter, bentuk tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat bila di tempat terbuka. Pada seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai, baik pada daun, buah, dan batangnya.



Bentuk daun nangka, daun tunggal mempunyai tangkai 1 - 4 cm,bentuk helai daun agak tebal, kaku, bertepi rata, bentuk bulat telur terbalik sampai jerong (memanjang), 3,5 - 12 x 5 - 25 cm, panjang daun sampai 8 cm

Bentuk bakal buah tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), bunga muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang terkadang tumbuh pada sisi batang atau cabang yang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk ganda atau gelendong.


Bentuk buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, sering kali tidak merata, panjang buahnya gingga 100 cm, pada sisi luar atau kulit buah membentuk duri pendek-pendek dan lunak. Daging Buah Nangka yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tanda bunga, berwarna kunign keemasan apabila sudah matang, mempunyai bau yang harum manis yang keras, berdaging, terkadang berisi cairan di dalam buah (nektar) yang manis. Mempunyai biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panhang biji lebih kurang 2 - 4 cm dan ditutupi oleh kulit biji yang tipis yang berwarna agak sedikit kecoklatan dan mempunyai tekstur keras keputihan.

Nah..siapa sangka buah nagka yang sering kita jumpai di pasar, atau bahkan sering kita jumpa di kebun mempunyai khasiat yang luar bisa untuk tubuh bila kita mengkonsumsi dengan jumlah yang sesuai. Mari kita simak di baawah manfaat buah nagka utuk tubuh kita.

Daging isi yang sudah matang
1. Bila 100 g nangka yang kita konsumsi akan menyediakan 95 kalori, buah daging yang lebuh dan mudah di cerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka kita makan, maka akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh kita dengan segar. Juga tidak baik bila kita mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, karna akan menimbulkan gas dalam perut.

2. Buah nangka kaya akan manfaat serat makanan. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.

3. Pada buah nangka segar mengandung sejumlah kecil Vitamin A dan Pigmen Flavonoid seperti karoten B, Xanthine, Lutein dan Cryptoxanthin B. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A pada buah nangka juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit.

4. Selain itu, buah nagka merupakan sumber antioksidan Vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C adalah membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degeneratif yang memicu terjadinya gejala kanker.

Daun Nangka
5. Buah nangka juga akan kaya kelompok vitaminB kompleks. Nangka berisi jumlah yang sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), Niasin, Riboflavin, dan Asam Folat.

6. Buah nangka adalah sumber yang baik akan kandungan kalium, magnesium, mangan dan zat besi.Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Dimana manfaat kalium dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Selain dari manfaat pada buah nangka, ternyata biji nangka juga mempunyai manfaat tersendiri. kenapa tidak, mengkonsumsi biji nangka maka akan bermanfaat untuk tubuh kita. Nah bagi yang bertanya-tanya apa saja manfaat dari mengkonsumsi biji nangka, akan kita bahas di bawah ini.

Biji Nangka

1. Mengandung protein yang tinggi pada biji nangka. Biji nangka yang tinggi protein dapat dikonsumsi untuk ditambahkan dalam masakan sebagai menu masakan ibu. Hal ini dapat menggantikan kacang dalam asupan harian yang bervariasi, bukankah kita tahu sendiri, protein itu sangat baik dan sangat diperlukan oleh tubuh kita. Biji nangka tua (yang dihasilkan dari buah yang sudah matang) bisa juga kita konsumsi dengan cara di rebus, kemudian bisa kita mengkonsumsinya dengan menggunakan gula merah yang di cairkan agak sedikit kental, agar lebih bikmat.

2. Mengatasi gangguan pencernaan, biji nangka bubuk dapatmembantu sebagai bantuan instan terhadap gangguan pencernaan. Biji nangka kering kemudian di giling untuk mendapatkan bubuk atau bisa juga kita membeli bubuk biji nangka di pasar.

3. Selain dari pada dua di atas,masih banyak lagi manfaat pada biji nangka, antara lain Bisa menyehatkan rambut, Mencegah kerusakan rambut, Melawan keriput dan Mendapatkan kulit mulus. 


Nah pasti pada kaget kan, ternyata nangka yang bisa kita konsumsi yang kita nanggap hanya pelepas dahaga dari keinginan mengkonsumsi buahan, ternyata ada manfaatnya untuk tubuh kita, jadi untuk kalian yang suka mengkonsusi nangka, dengan informasi ini makan akan lebih baik bukan. Tapi untuk mengkonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik pula untuk kita.
Baca Juga : Cara Melestarika Gairah Sex Secara Alami
Semoga apa yang ada di sini bermanfaat bagi yang membutuh kan tentang Manfaat buah nangka dan Manfaat biji nangka.

0 Response to "INI MANFAAT BUAH NANGKA YANG TIDAK PERNAH KITA TAU !!"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...