Manfaat Daun Salam Yang Selama Ini Tidak Pernah Kita Tau

Salam ( tumbuhan ) adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam berbagai masakan Nusantara. Dalam bahas Inggris dikenal Indonesia bay-leat atau Indonesia laurel. Sedangkan nama imlihanya adalah Syzygium polyanthum.

Bentuk dari pohon salam.

Pohon Salam berukuran sedang, mencapai tinggi hingga 30 cm, dan gemang 60 cm. Warna kulit batang coklat abu-abu, memecah atau berserak. Daun berbentuk tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm. Helai daun berbentuk jorong-jorong, jorong sempit atau lanset, 5-16 x 2,5-7 cm, gundul, dengan 6 - 11 urat daun sekunder, dan jalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.


Karang bunga berupa malai dengan banyak kuntum bunga, 2-8 cm, muncul di bawah daun atau kadang-kadan pada ketiak. Bunga kecil-kecil, duduk, berbau harum, berbilangan -4. Kelopak seperti mangkuk, panjangnya sekitar 4 mm, mahkota lepas-lepas,berwarna putih, 2,5-3,5 mm, benang sari banya, 3 mm, terkumpul dalam 4 kelompok, lekas rontok, bermahkota keping kelopak, berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak.


Terus... Apa manfaat dari daun salam ini ?

Tak di sangka, dibalik kemampuannya dalam mebuat masakan semakin sedap, daun salam ternyata juga mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaat kesehatan yang diyawarkan oleh daun salam ini ??

1. Baik untuk penderita diabetes
Bagi mereka yang menderita diabetes, ada baiknya kerap mengkonsumsi daun salam. Daun ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. Tak hanya itu, daun salam ternyata juga bisa membantu proses penurunan kadar gula dan kolestrol dalam darah. Beberapa penelitian kesehatan juga membuktikan bahwa daun salam bisa mengobati diabetes tipe 2.

2. Mengendalikan tekanan darah
Di dalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan flavonoid yang ternyata mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah. Kita hanya perlu mengambil 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air. Dengan rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali dalam sehari, maka kita bisa menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

3. Mengatasi batuk
Jika kita terkena bantuk dan tidak kunjung sembuh, maka ada baiknya kita mencoba ramuan dari daun salam ini. Rebuslah dua lembar daun salam dengan segelas air terlebih dahulu. Setelah itu, dinginkan selama 10 menit, kita hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian usapkan kain ini pada dada. Hal ini dipercaya bisa meredakan batuk.

Baca Juga : Cara mengatasi kolestrol pada tubuh  

4. Mencegah kanker dan penyakit jantung
Di dalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan parthenolide yang bisa menurunkan resiko terkena kanker serviks. Karena alasan inilah kaum hawa sebaiknya rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam. Tak hanya itu, didalam daun salam, kita bisa menemukan kandungan asam caffeic dan salisilat yang bisa menurunkan resiko terkenan serangan jantung. 

Nah bermanfaat bukan, selain melezatkan rasa masakan, ternyata punya manfaat tersendiri untuk kita. jadi jangan lupa di share ya. Siapa tau ada teman anda yang membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Manfaat Daun Salam Yang Selama Ini Tidak Pernah Kita Tau"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...