17 Manfaat Mengkonsumsi Pisang Setiap Hari


Pisang dalam bahasa latinya adalah (Musa Paradisiaca) adalah buah-buahan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Buah ini juga memiliki bermacam-macam bentuknya. Nama pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa ini yang mempunyai daun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya seperti Musa Acuminata, Musa Balbisiana, dan terakhir Musa xparadisiaca adalah tanaman yang menghasilkan buah konsumsi yang diberikan nama yang sama. Sistem buah ini tersusun didalam tandan dengan kelomok buah susunan secara menjari, yang biasa dikenan di Indonesia dengan nama Sisir. Hampir semua buah pisang yang memiliki kulit berwarna kunig untuk yang sudah matang,dan berwarna kehijauan untuk yang masih mentah. Meskipun ada dari beberapa pisang yang memiliki warna merah, hijau, ungu, bahkan jingga.

Buah pisang sebagai bahan pangan yang juga memilik berbagai macam sumber energi seperti Karbohidrat dan mineral, terutama Kalium. Perlu disadari istilah “Pisang” beberapa dari nama ini juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah untuk dikonsumsi, antara lain seperti Pisang Abaka, Pisang Hias, dan Pisang Kipas.

Sebelum kita membahas mamnfaat dari buha pisang, setidaknya kita juga harus tau nutrisi-nutrisi yang terkandung didalam Buah Pisang. Beberpa nutrisi yang terkandung didalam buah pisang antara lain :

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan.

Kalium
Sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 467 mg kalium (potasium) dan hanya sedikit sodium (natrium) yaitu sekitar 1 mg. Kalium merupakan unsur penting untuk mengatur tekanan darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, serta masalah lain yang terkait.

Kalsium
Pisang kaya akan kalsium, 100 gr pisang mampu memasok 5 mg kalsium untuk tubuh. Kalsium sangat penting untuk pembentukan serta pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk memperlancar pelepasan neurotransmiter dan kontraksi otot.

Karbohidrat
Kandungan energi dalam pisang sangat tinggi sehingga cocok digunakan sebagai sumber makanan untuk mendapatkan energi secara cepat. Dalam 100 gram pisang mengandung 22,84 gram karbohidrat, gula 12,23 gram, dan 2,6 gram serat. Meskipun sedikit lebih tinggi untuk pasien diabetes, namun ini membuat pisang sebagai sumber energi yang cepat dan mudah dicerna.

Vitamin C
Dalam 100 gram pisang tersedia hampir 8,7 mg Vitamin C untuk tubuh. Vitamin C melindungi tubuh terhadap Stres Oksidatif maupun Malnutrisi. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C membantu tubuh mengendalikan radikal bebas masuk kedalam tubuh.

Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan vitamin yanglarut dalam air, berperan penting untuk melancarkan fungsi sistem saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melawan infeksi. Dalam 225 gram pisang terkandung 0,8 mr vitamin B6 untuk tubuh.

Vitamin Lainya
Berbagai macam vitamin penting yang terkandung didalam buah pisang seperti Vitamin A,Vitamin D, Vitamin K, folat, Tiamin, Riboflavin, Niasin, dan lainya bisa ditemukan didalam buah pisang.vitamin-vitamin ini membantu pembentukan darah serta melakukan aktivitas lain dalam tubuh untuk menjaga tingkat kebugaran tetap tinggi sepanjang waktu.

Mineral Lainya
Beberapa macam mineral lain seperti Besi, Magnesium, Fosfor, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, dan Fluorida juga bisa ditemukan didalam buah pisang. Masing-masing mineral tersebut membantu berbagai macam fungsi tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Setelah kita membahas beberapa kalori yang terkandung didalam buah pisang, dan sekarang kita membahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah pisang setiap hari,


Manfaat Mengkonsumsi Pisang Setiap Hari ;

1. Kaya kandungan vitamin dan serat
Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan Vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan Potasium dengan kadar Potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang.




2. Kaya akan Sumber energi
Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

3. Menurunkan berat badan
Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

4. Meningkatkan kesehatan otak
Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

5. Mengobati jerawat
Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

6. Mengatasi diabetes
Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

7. Menyeimbangkan jumlah cairan
Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

8. Mengobati sakit maag
Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

9. Mengatasi anemia
Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

10. Menyehatkan tulang
Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan Vitamin yang cukup tinggi.

11. Mencegah penyakit jantung
Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolestrol.


12. Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

13. Meningkatkan mood
Buah pisang bermanfaat membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.

14. Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

15. Melancarkan peredaran darah
Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.


16. Mengurangi rasa sakit ketika haid
Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

17. Mengurangi pembengkakan
Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.
Demikian pembahasan bermacam manfaat buah pisang untuk tubuh kita, maka dari artike ini kita pasti sudah tau apa saja yang terkandung didalam buah pisang, dan apa saja manfaat bila kita mengkonsumsi buah pisang setiap hari, hal ini sangat baik untuk kita lakukan, disamping untuk biaya tidak terlalu mahal, dan disamping itu juga untuk mendapatkannya tidak sulit, karna buah pisang ini sangat sering kita jumpai.

Baca Juga : Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan.

Sekian dari pembahasan tentang Manfaat Buah Pisang yang saya tulis diartikel ini, semoga apa yang ada didalam artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan dan bagi yang ingin mencari informasi tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan. Dan terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "17 Manfaat Mengkonsumsi Pisang Setiap Hari"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...