Manfaat Super Dari Tanaman Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa)


Cara MusnadiKemunting, pasti sudah tau kan dengan tanaman dan buah ini. Dah bahkan mungkin sudah pada pernah makan buahnya, yang bentuk tekstur buahnya lonjong dan warna matang dari buah ini merah kecoklatan gitu, bahkan sedikit kehitaman jika terlalu matang. Rasanya juga manis.

Mengenal Populasi Kemunting
Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa) adalah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Myrtaceae, merupakan tumbuhan asli Asia selatan dan tenggara, dari India, China timur sampai selatan, Hong Kong, Taiwan dan Filipina, dan selatan hingga Malaysia dan Sulawesi. Tumbuhan ini tumbuh di pesisir, hutan rimba alamiah, mintakat riparian, lahan basah, hutan rimba lembab dan basah, pinggiran rawa, hingga tinggi 2400 m permukaan laut.

Nama-nama daerah di Indonesia untuk tumbuhan ini antara lain: keumiki (Bahasa Aceh), karamunting (Bahasa Banjar dan bahasa-bahasa di Kalimantan secara umumnya, termasuk Sabah dan Sarawak), karamuntiang (Bahasa Minangkabau), kalimuntiong (Riau), harimonting (Bahasa Batak), harendong sabrang (Bahasa Sunda). (Sumber : Wikipedia )

Baca Juga : Ramuan Herbal Untuk Obat Kencing Manis

Kemunting adalah perdu yang tumbuh hingga 4 m tingginya. Daun kemunting berbentuk oval, dengan sisi atas daun pada umumnya berwarna hijau mengkilap dan sisi bawah daunnya berwarna abu-abu dan juga berbulu.

Tumbuhan kemunting memiliki bunga tunggal atau berkelompok sekitar 2 hingga 3 bunga. Warna bunganya pun bermacam-macam, mulai dari merah muda dan juga ungu dengan benang sari yang jumlahnya banyak.

Kemunting memiliki buah berbentuk lonjong. Ketika buahnya masak, warna kulitnya akan berubah dari warna hijau menjadi merah kecokelatan, dan bisa juga berwarna hitam jika terlalu masak.

Buah dapat dimakan, lunak, dengan 40-45 biji dalam dua baris di setiap sel. Penyebaran benih adalah dengan burung dan mamalia pemakan buah. Produksi biji dan tingkat perkecambahan tinggi.


Berikut Manfaat Dari Tanaman Kemunting Untuk Kesehatan :

  1. Ekstrak antosianin dari buah kemunting dilaporkan memiliki antioksidan yang kuat. Antioksidan dibutuhkan untuk menghindar atau kurangi penyakit disebabkan radikal bebas.
  2. Melawan metrorrhagia pemicu pendarahan pada wanita. Kandungan buah itu dapat tingkatkan hemoglobin, jumlah sel darah merah, serta tingkatkan antianoxic.
  3. Dapat sebagai pembasmi nyeri, menyingkirkan pembengkakan, memperlancar aliran darah serta bisa hentikan pendarahan. beberapa bagian yang bisa dipakai sebagai obat yaitu akar, daun, serta buah. Akar bisa direbus lalu di minum, daun bisa di tumbuk atau di keringkan lalu dipakai di bagian yang terluka atau berdarah.
  4. Beberapa orang tua terdahulu kerap merebus akarnya, untuk menyembuhkan muntah darah. Masyarakat Malaysia, juga kerap memakai ramuan ini, sejak dulu. Air rebusannya (kurang lebih 150 ml) diminum tiga kali satu hari sepanjang tiga hari.
  5. Daunnya juga dapat menyembuhan herbal untuk penyakit diabetes,
  6. Kemunting dapat juga dipakai untuk menyembuhkan sakit perut. Ambil pucuk daun, lalu di rebus serta airnya diminum. Insya Allah sakit perut jadi pulih.
  7. Khusus untuk ibu yang melahirkan, pucuk daun kemunting dapat dipakai untuk obat setelah bersalin. Tambah baik lagi bila digabungkan dalam rebusan daun inai, daun hati-hati serta daun jambu. Orang yang sudah coba, diyakni dapat memperkecil rahim.
Nah itu beberapa manfaat dari Tanaman Kemunting yang bisa saya rangkum dari beberapa sumber. Bagaimana, setidaknya kita bisa menggunakan dan bisa membuat ramuannya sendiri kan. Semoga bermanfaat

2 Responses to "Manfaat Super Dari Tanaman Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa)"

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...