Mari Melihat dan Menikmati Pulau Rupat Yang Memikat


Rupat atau Pulau Rupat merupakan salah satu pulau terluar. Letaknya bersinggungan dengan Selat Melaka (Selat yang terletak diantara Semenanjung Malaysia). Bila cuaca bagus, pada subuh hari kita bisa melihat dengan jelas kerlap-kerlip lampu Port Dickson, sebuah lampu laut yang berada di Negeri Sembilan (Malaysia). Pulau Rupat ini adalah sebuah pulau perbatasan yang memiliki keindahan tersembunyi, karna belum terlalu banyak para wisata yang mengenal tentang potensi keindahan yang dimiliki dipulau ini. 

Pulau rupat banyak menyimpan pesona alam yang masih asri dan alami, mulai dari pemandangan sungai kecil yang mengalir tenang, hingga sungai besar yang membelah pulau. Selain itu, kita juga dimanjakan dengan pemandangan pantai pasir putih yang terhampar disepanjang bibir pantai. Karna belum terlalu banyaknya wisatawan yang tau dengan keindahan pulau ini, jadi untuk keindahan yang dimiliki pulau ini masih tergolong alami. Di pulau ini (Kepulauan Rupat) ada satu pantai yang cukup dikenal di daerah Riau yaitu Pantai Rhu di desa Teluk Rhu



Lokasi Pulau Rupat dan Informasi Pulau Rupat
Pulau Rupat terletak disebelah utara dari Kota Pekanbaru (Ibukota Riau). Dan memiliki keluasan mencapai kurang lebih 150 ribu hektar, dan dihuni oleh lebih dari 47 ribu penduduk. Pulau Rupat terdiri dari 2 kecamatan yaitu Rupat dan Rupat. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga (Negara Malaysia).  Selain itu, pulau yang berbantuk seperti gunung kecil ditengah laut luas ini juga memiliki posisi yang sangat strategis, karena letak pulau ini berhadapan langsung dengan perairan Internasional (Selat Melaka). 



Berbicara tentang pantai di riau, ternyata pulau ini juga termasuk salah satu pulau yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, dengan ekosistem dan pemandangan yang masih alami membuat pulau ini terlihat sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Teluk Rhu. Sedikit kita behas Pantau Teluk Rhu.

Pantai Teluk Rhu
Desa Teluk Rhu termasuk salah satu bagian desa di Kecamatan Rupat Utara (Bengkalis), memiliki potensi keunggulan komparatif yaitu letak pulau yang strategis dijalur IMS-GT, IMT-GT dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.



Pantai Teluk Rhu memiliki garis pantai yang panjang, pasir putih yang membentang disepanjang bibir pantai kurang lebih 17 Km mulai dari Desa Teluk Rhu (Tanjung Punak, Rupat Utara) sampai sungai Cingam (Rupat). Pantai yang memiliki kelebaran lebih kurang 30 meter jika air dalam keadaan surut dan sekitar lebih kurang 7 meter saat air pasang. Keindahan pantai yang dimiliki di pulau ini tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang lain yang ada di Indonesia.

Baca juga : Keindahan dan keunikan yang ada di Pantai Solop

Seberang pantai terlihat gugusan pulau-pulau kecil, diantaranya Pulau Babi, dan disamping pulau babi juga terdapat pulau kecil yang juga dikeliling pantai pasir yang dikenal dengan sebutan oleh penduduk setempat sebagai Beting Aceh, Pulau ini terlihat seperti bersatu dengan Pulau Babi. Selain itu dipulau ini juga terdapat pemandangan alam yang menarik, yaitu Habitan Mangrove (Hutan Bakau).



Keindahan Yang Dimiliki Dipulau Ini
Apabila kita berada dipulau ini, pemandangan yang sangat indah yang bisa kita nikmati adalah dimalam hari, menikmati indahnya malam dengan kerlap-kerlip lampu dari negeri tetangga. Dengan kondisi pasir putih yang datar dan panjang, memang membuat tempat ini cocok jika dijadikan tempat berjemur seperti orang-orang bule :D hehehe. Tidak jarang para wisatawan yang datang menyebut pantai ini sebagai Pantai Sanur-nya Riau.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki air yang jernih dan ombak yang landai sehingga sangat memungkinkan untuk berenang. Di pantai ini juga pengunjung dapat melihat kapal-kapal  besar wira-wiri baik dari Kapal Nasional maupun Internasional. Hal ini dikarnakan kedalaman laut yang mencapai 30 meter kedalaman, dan juga memang salah satu jalur lintasan kapal-kapal dan jalur transportasi laut.



Akses Menuju Ke Pulau Rupat
Ada beberapa pilihan untuk kita menuju ke Pulau Rupat. Salah satunya bisa bisa menuju ke Kota Dumai terlebih dahulu (Melalui jalur darat). Dari Kota Pekanbaru (via Siak) memakan waktu lebih kurang 5 sampai 6 jam perjalanan. Bila kita sudah sampai ke Dumai, bisa langsung menuju Pelabuhan TPI dan menyeberang menggunakan Roro (Roll on-roll off), memakai waktu kurang lebih 30 menit. 

Sampai di Pelabuhan Batu Panjang (Rupat, Bengkalis), perjalanan dilanjutkan via darat menempuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Lebih kurang 30% jalan menuju Pantai Pesona Teluk Rhu dalam kondisi kurang baik, selebihnya kondisi jalan cukup baik dengan aspal beton.

Ayo kunjungi dan nikmati keindahan pesona alam yang dimiliki Indonesia, karan pantai-pantai di Indonesia juga tidak kalah menarik dengan pantai yang ada diluar negri. Indonesia menyipan seribu keindahan pantai yang tidak dimiliki oleh negarai lain.

0 Response to "Mari Melihat dan Menikmati Pulau Rupat Yang Memikat"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...