Anda suka mencabut bulu hidung dengan tangan, Hati-hati, ini bahayanya

Secara anatomi, Hidung adalah penonjolan pada Vertebrata yang mengandung Nosyril, yang menyaring udara untuk pernapasan. Hidung sebagai salah satu istilah dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu. Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonasi suara.



Terus apa manfaat dari bulu hidung ?


Bulu atau rambut didalam hidung ternyata berperan membantu melindungi lapisan kulit epidemis luar dari sinar matahari dan luka kecil. Bulu hidung juga berfungsi menjadi pelindungi bagi organ-organ tubuh lainnya. Ketika kita bernafas, kita akan menghirup pertike-pertikel kecil bersama oksigen, dan antara lain, bulu hidungpun berkerja untuk menyaring partikel yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Apa bahaya bila kita mencabut bulu hidung menggunaka tangan secara langsung ?

Berbicara bulu hidung, terkadang bulu hidung dapat tumbuh lebat seiring dengan pertambahan usia. Hal ini membuat beberapa orang 'tergoda' untuk mencabut dengan menggunakan tangan. Padahal ada beberapa bahaya yang mengintai saat anda melakukannya. Apa saja bahaya tersebut bila kita mencabut bulu hidung dengan tangan? Berikut beberapa di antaranyaseperti penjelasan di bawah :

1. Infeksi.
Saat mencabur bulu hidung menggunakan tangan yang belum di bersihkan, dapat memicu masknya bakteri dan kuman ke dalam folikel bulu bulu hidung yang sudah terbuka. Akibatnya bisa timbul infeksi di area sekitar.

2. Infeksi otak.
Area sekitar mulut dan hidung disebut area rawan hidung karena berhubungan langsung ke dalam otak. Di dalam area ini pembuluh darah baik ( vena ) akan bercampur darah dari hidung dan darah yang berasal dari otak. Ini membuat bakteri dari hidung dapat mudah masuk ke otak melalui pembuluh darah baik tersebut.

3. Mimisan.
Mencabut bulu hidung dengan paksa dapat mengenai pembuluh darah yang ukurannya sangat kecil di dalam hidung. Hal ini bisa memicu perdarahan di dalam hidung.

4. Jerawat.
Saat mencabut bulu hidung dengan menggunakan tangan yang sebelumnya tidak dibersihkan, dapat memicu jerawat karena masuknya bakteri dapat menginfeksi folikel bulu hidung yang tercabut.  Ingin merapikan bulu hidung yang mulai mengganggu? sebaiknya menggunakan gunting kecil yang disediakan yang memang didesain khusus untuk memotong buluhidung. Pastikan juga kebersihannya. Jadi, mulai sekarang jangan mencabut bulu hidung dengan tangan langsugn ya. Biasakan menggunakan gunting untuk merapikan.

Nah, setelah membaca penyebab dan efek sampingnya, mulai sekarang jangan biasankan mencabut bulu hidung dengan menggunakan tangan secara langsung. Jangan lupa share, siapa tau ada teman-teman anda yang membutuhkan informasi ini.

Baca juga : 5 Cara menghilangkan bau mulut biar kamu makin PeDe.  

0 Response to "Anda suka mencabut bulu hidung dengan tangan, Hati-hati, ini bahayanya"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...