Anda suka mengkonsumsi madu? Sebaiknya anda harus tau ini terlebih dahulu bahayanya

Madu adalah cairan yang kita kenal merupai sirup, tetapi madu lebih kental dan berasa lebih manis. Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya yang di ambil dari Nektar Bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada Abdomen dan dikunyah, dikerjakan bersama tawon lain. Jika nektar sudah halur ditempelkan pada sel, dan jika selsudah penuh akan ditutup dan terjadilah fermentasi.


Yang harus kita ketahui, rasa manis pada madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa,dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Terus, apa bahaya dan efek samping bagi kita yang mengkonsumsi madu berlebihan ?

Selama ini kita tahu kalau madu itu rasanya manis dan juga enak, ternyata mengkonsumsi madu terlalu banyak juga tidak baik. Tidak bisa anda berpikiran, semakin banyak madu yang dikonsumsi, semakin sehat lah tubuh ini. Namun, malah sebaliknya! Bahaya kesehatan yang akan menghantui kita bila kadar madu yang kita konsumsi terlalu banyak.

Perlu diketahui, konsumsi madu pada manusia per hari sama dengan anda mengkonsusi gula pasir, setidaknya dari perkataan ini anda sudah mulai berpikir bukan?. Tidak disarankan konsumsi madu lebih dari 10 sendok per hari. Asupan gula yang berasal dari madu sama dengan asupan gula pada biasanya. Jadi, bila anda sudah mengkonsumsi cukup madu, maka tidak ada lagi gula dalam makanan anda.

Kemudian, apa dampak yang akan terjadi bila anda mengkonsumsi terlalu banyak madu?

Seperti yang di lansir dari Livestrong, ada dampak jangka pendek dan jangka panjang . Untuk jangka pendek, kelebihan madu akan menyebabkan masalah lambung, seperti kram perut,kembung, dan juga diare.


Hal tersebut terjadi karena kandungan fruktosa madu yang berlebihan akan menggangu kemampuan usus kecil anda menyerap nutrisi tubuh. Hal itu tentunya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut anda.  Sedangkan efek jangka panjangnya adalah, terjadi masalah di saluran gastrointestinal. Penyerapan nutrisi bisa menjadi masalah permanennya. Selain itu, karena madu memiliki kandungan asam, bila kita mengkonsumsi madu terlalu banyak juga akan berdampak pada enamel gigi dan lapisan kerongkongan, perut, dan juga usus. Seperti kebanyakan gula, terlalu banyak mengkonsumsi madu pun bisa menyebabkan ketidak sensitifan terhadap insulin.

Nah itu penjelasan tentang madu, sudah tau bukan, apa efek samping dan bahanya bila mengkonsumsi madu berlebihan. Jadi saran saya,konsumsilah madu secukupnya perhari,jangan melewati batas sehingga bisa berdampak butuk bagi kita. Jangan lupa share, siapa tau ada tema-teman kita yang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga : Anda punya penyakit lambung? Hindari makanan ringan yang berbahaya seperti ini.

0 Response to "Anda suka mengkonsumsi madu? Sebaiknya anda harus tau ini terlebih dahulu bahayanya"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...