Manfaat Super Dari Kacang Lentil Yang Wajib Kamu Tahu

Lens Culinaris ( dalam bahasa inggris ; Lentil; "kacang lentil", "kacang merah kecil" ) merupakan suatu jenis tumbuhan penghasil kacang. Tumbuhan tahunan ini berbentuk semak dari Familia Legume yang dikenal karena biji-bijinya berbentuk lense. Tumbuhan kacang-kacangan ini bisa hidup hingga ketinggian sekitar 40 cm ( 16 in ). Bijinya tumbuh dalam pod, biasanya masing-masing pod berisi hanya 2 biji kacang.

Kacang lentil ini telah menjadi bagian makanan manusia sejak zaman purba (masa belum pembuatan tembikar atau "aceramic neolithic"), sebagai salah satu jenis tumbuhan pertama yang dibiakkan di Timur Dekat. Bukti Arkeologi menunjukkan bahwa jenis kacang ini telah menjadi bahan makanan 9,500 sampai 13,000 tahun yang lalu.


Untuk warna kacang lentil ini bervariasi dari warna kuning, jingga kemerahan, hijau, coklat dan juga hitam. Lentil juga bervariasi dalam ukuran dan dijual dalam berbagai bentuk, baik dengan kulit atau tanpa kulitnya, baik masih utuh, atau sudah terbelah.

Nilai gizi dan manfaat kesehatan dari kacang lentil.

Sekitar 30% sumber kalori kacang ini berasal dari protein, sehingga berada di peringkat ketiga dalam kadar protein menurut beratnya dari semua jenis kacang-kacang yang ada yang pernah kita jumpai, yaitu  setelah kedelai dan hamp. Protein yang terkandung didalamnya meliputi asam amino esensiel isoleucine dan lisin. Kacang lentil ini merupakan sumber protein esensiel yang murah pada banyak bagian tempat di bumi, khususnya di Asia Barat dan Subkontine India, yang dihuni oleh populasi luas Vegetarian Populations. Kacang lentil ini tidak mengandung dua asam amino esensiel, yaitu Methionie dan Cysteine. Lentil merupakan sumber zat besi yang sangat baik, mampu memberikan lebih dari kebutuhan harian seorang dewasa hanya dalam takaran satu cangkir. ( Sumber : Wikipedia )

Terus apa manfaat super dari kacang lentil ini ?

Tahukah kamu? Lentil atau bisa dibilang Kacang Lentil adalah tumbuhan yang dikelompokkan sebagai kacang dan pohon-pohon serta merupakan bagian dari Lugeme Family. Kacang lentil memiliki bentuk yang khas seperti lense.

Nah, berbicar tentang manfaat, mari kita bahas manfaat apa saja yang terkandung pada kacang lentil ini sehingga sangat baik untuk tubuh.

1. Sumper protein yang sangat baik.
Manfaat dari kacang lentil yang pertama ini adalah sebagai makanan sumber protein yang tinggi. Kacang lentil ini mengandung cukup banyak protein yang diperlukan oleh tubuh kita, tubuh kita pun akan memiliki sumber protein yang tercukupi.

2. Mampu menjaga kesehatan pencernaan.
Khasiat kacang lentil yang kedua ini adalah sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Kacang ini mempunyai kandungan serat yang akan membantu memperlancar proses pencernaa, sehingga tidak mengalami penyumbatan.

3. Mampu mencegah susah buang air besar.
Kacang lentil selain mampu menjaga kesehatan pencernaan, juga dapat mencegah kesulitan buang air besar ( BAB ). Biji ini akan mengikat makanan di pencernaa tubuh dengan lebih baik, sehingga gejala susah BAB pun tidak akan muncul.

4. Menjaga stamina tubuh.
Khasiat kacang lentil bisa menjadi sumber makanan yang akan menjaga sistem stamina pada tubuh. Bila kita sering merasa lelah dan kurang energi, ada baiknya kita mengkonsumsi kacang ini agar stamina menjadi pulih kembali dan tidak berkurang.

5. Mampu mencegah penyakit diabetes.
Manfaat dari kacang ini sangat ampuh dalam mencegah penyakit diabetes. Biji kacang yang satu ini dapat menjaga gula  pemgganti yang biasanya kita konsumsi. Kandungan gula pada kacang ini adalah gula alami yang tidak berbahaya bagi darah kita.

6. Baik untuk menyehatkan tulang.
Pada kacang ini jugamengandung sejumlah kalsium yang baik untuk membuat tulang lebih sehat.Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tulang. Bagi kita yang tidak menyukai susu, bisa menggantikan asupan kalsium dengan mengkonsumsi biji kacang lentil ini

7. Mampu menjaga kesehatan gigi.
Kegunaan kacang lentil ini selain untuk menjaga kesehatan tulang, bisa juga kita jadikan makanan yang menyehatkan gigi. Biji kacang ini akan membuat gigi kita menjadi lebih kuat dan terhindari dari berbagai jenis kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau kerusakan pada gigi.

8. Bisa menambah sel darah merah.
Zat besi adalah salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang lentil ini.Nutrisi yang satu ini berguna untukmembantu tubuh dalam menambah produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah penyakit anemia.


9. Mampu menjaga daya tahan tubuh.
Kelebihan dari kacang lentil ini, dengan kandungan vitamin C-Nya dapat membuat daya tahan tubuh kita selalu tetap terjaga. Kesehatan tubuh pun akan meningkat dengan bertambahnya kemampuan tubuh dalam menangkal penyakit menular yang bisa menyerang tubuh.

10. Anti oksidan.
Manfaat dari kacang satu ini juga dapat menjadi anti oksidan yang alami. Biji kacang ini akan melindungi tubuh kita dari serangan atau efek berbahaya yang dipacu oleh paparan radikal bebas. 

Baca Juga : Khasiat yang terkandung di dalam buah matoa.
Nah, itu manfaat super dari kacang lentil ini. Gimana setelah taumanfaatnya, jangan takut lagi untuk mengkonsumsi kacang ini. Jangan lupa share, siapa tau ada teman-teman kita membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Manfaat Super Dari Kacang Lentil Yang Wajib Kamu Tahu"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...