Masih Suka Ngiler Tidur Di Malam Hari? Kamu Tahu Apa Penyebabnya?

Ngiler saat tidur, pasti kamu-kamu pernah mengalami hal yang seperti ini bukan. Kalo bayi atau anak-anak yang tidurnya ngiler mungkin terlihat menggemaskan. Nah kalo kamu yang udah dewasa, masa masih ngiler juga saat tidur. Untuk itu jangan kawatir jika anda salah satunya yang tidur suka ngiler, karena anda tidak sendirian. Dan namun demikian, tidur ngiler ternyata juga bisa menandakan masalah kesehatan tertentu.

Apa saja masalahnya? Yuk kita simakdibawah ini.

Orang Dewasa Tidurnya Ngiler, Apakah Wajar?
Bayi atau anak-anak lebih sering tidur ngiler, karena mereka belum memiliki kendali yang kuta atas otot-otot mulut dan rahang yang mendukung kemampuan mereka untuk menelan, dan ini adalah hal yang wajar terjadi. Dan juga kasusu tidur ngiler pada orang dewasa juga umumnya wajar, karena ada beberapa orang yang tidur dengan mulut terbuka atau dari posisi tidurnya, terkadang tidurnya dalam keadaan miring dan mulutnya terbuka.


Selama tidur, semua fungsi tubuh diistirahatkan kecuali jantung, paru-paru dan juga otak. Ini artinya otot-otot tubuh termasuk otot wajah dan sekitaran mulut akan melemas sepanjang malam. Selama tidur, otak akan terus memerintahkan mulut untuk memproduksi air liur. Namun karena refleks menelan ana “mati” untuk sementara, liur akan menggenang di dalam mulut.


Di saat yang sama, kemampuan otot-otot mulut juga berkurang untuk menjaga air liur tersebut tidak keluar saat anda tidur. Alhasil, anda jadi ngiler saat tidur. Ditambah lagi tidur dengan posisi miring memudahlan mulut untuk terbuka, sehingga air liur bisa mengalir keluar lebih mudah.

Tidur Ngiler Mungkin Tanda Masalah kesehatan Tertentu.
Pada dasarnya, tidur ngiler itu tidak berbahaya. Meski begitu, ngiler saat tidur mungkin saja menandakan masalah kesehatan tertentu dan ngiler juga bisa terjadi bahkan ketika anda dalam keadaan sadar, seperti :
Infeksi sinus.
Sakit tenggorokan karena bakteri Streptococcus.
Radang amandel.
Epiglotitis.
Alergi
Gerd
Struktur hidung
Lidah yang bengkak
Reaksi anafilaksi

Dan ada juga penyebab lain yang berhubungan dengan gangguan sistem saraf, sehingga membuat penderitanya memiliki kesulitan untuk menelan. Seperti :
Cerabral palsy
Penyakit parkinson
Sindrom down
Multiple sclerosis

Bagai mana Cara Menghentikan Ngiler Saat Tidur?
Bagi anda yang sering ngiler saat tidur, cobalah untuk membatasi makanan masin dan bergula. Dilansir dalam laman Verywell, banyak makanan manis meningkatkan produksi air liur. Maka dari itu, bisa jadi banyak air liur yang terkumpul saat tidur.

Selain itu, ubah posisi tidur kamu, buatlah kepala lebih tinggi dan tidak tidur dalam posisi miring dengan mulut terbuka.

Jika ngiler ini disebab kan sesuatu kondidi penyakit, maka penanganannya akan berbeda-beda tergantung pula dengan penyebabnya. Misalnya jika diakibatkan oleh radang tenggorokan, maka obatnya adalah antibiotik. Jika ngiler disebabkan oleh reaksi alergi atau anafilaktik, obatnya dalah suntikan epinefrin dan obat antihistamin.

Dan jika ngiler disebabkan oleh amandel yang parah, kemungkinan tonsil tersebut akan harus diangkat. Produksi air liur berlebihan juga bisa diatasi dengan suntik botox atau penggunaan koyo yang mnegandung scopolamine.

Kapan Harus Konsultasi Ke Dokter?
Jika anda menemukan bahwa terjadi ngiler ini sangat berlebihan, konsultasikan pada dokter. Apalagi jika sampai sangat membatasi interaksi sosial anda dengan orang sekitar dan disertai gejala lain, misalnya kesulitan bernapas, ada pembekakan bibir atau wajah, hingga sering tersedak air liur sendiri.

Ngiler yang parah bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit. Selain itu dalm kasus-kasus yang serius air liur yang terlalu banyak dapat menggenang di tenggorokan. Ketika menarik napas,ini dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi paru-paru yang disebut pneumonia aspirasi.

Hayo bagi kamu yang suka ngiler saat tidur, setiknya setelah membaca artikel ini, sedikit lebih tau apa penyebabnya, dan setidaknya bisa merubah diri dengan pola hidup sehat. Thx (suber Line Shopping)

1 Response to "Masih Suka Ngiler Tidur Di Malam Hari? Kamu Tahu Apa Penyebabnya?"

  1. CROWNQQ I AGEN BANDARQ I BANDARQ ONLINE I ADUQ ONLINE I DOMINOQQ TERBAIK

    Yuk Buruan ikutan bermain di website Agen BandarQ

    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    9 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66
    => Perang Baccarat (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 9 Permainan Menarik

    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick daftar crownqq

    Link Resmi CrownQQ:
    RATUAJAIB.COM
    RATUAJAIB.NET
    RATUAJAIB.INFO

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI:
    BLOG ARTIKEL
    CROWNWIN
    CERITA DEWASA

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    WHATSAPP : +855882357563
    LINE : CS CROWNQQ
    TELEGRAM : +855882357563

    ReplyDelete

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...