Memakai Kacamata Terus-Terusan Ternyata Buruk Untuk Kesehatanmu!


Bila anda adalah salah seorang yang selalu memakai kacamata, ada kabar yang baik untuk kamu. Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa memakai kacamata akan membuat anda tampak lebih pintar dibandingkan kebanyakan orang. Penelitian tentang kacamata tersebut dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, di mana hasilnya menemukan bila memakai kacamata dikait-kaitkan dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Ada beberapa mitos dan fakta lain tentang kacamata.




Mitos dan Fakta Tentang Memakai Kacamata

Studi tentang memakai kacamata
Studi ini adalah penelitian terbesar yang dipernah dilakukan. Penelitian dari University of Edinburgh menganalisa data kognitif dan genetik lebih dari 300.000 orang dengan rentang usia 16 sampai 102 tahun. Analisis mereka menemukan tumpang tindih genetik yang signifikan antara fungsi kognitif, waktu reaksi, dan beberapa variabel kesehatan, seperti penglihatan, hipertensi, dan umur panjang.

Penelitian juga menemukan korelasi negatif antara fungsi kognitif dan berbagai masalah kesehatan seperti depresi, kanker paru dan angina. Hasil studi lain juga menunjukkan bahwa orang-orang yang memakai kacamata dianggap jujur, lebih pintar, lebih dapat diandalkan dan juga rajin.

Mitos dan Fakta tentang Memakai Kacamata yang Perlu Anda Ketahui.

Nah untuk kamu yang memang pemakai kacamata, bukan kacamata buat-buat ya, yang model sekarang ini memakai kacamata tetapi kacanya tidak ada. Hehe. Sebaiknya anda ketahui terlebih jauh lagi.
Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tentang memakai kacamata yang perlu anda ketahui.

Mitos 1
Memakai kacamata yang terlalu kuat akan merusak mata. Faktanya, kacamata anda mengubah sinar cahaya yang diterima mata.  Kacamata yang kuat tidak akan menyakiti mata orang dewasa meskipun dapat menyebabkan sakit kepala sementara. Hal lebih buruk yang dapat terjadi adalah kacamata Anda akan gagal untuk memperbaiki penglihatan dan membuat pemakainya tidak merasa nyaman, karena pandangan menjadi kabur, tetapi tidak akan merusak mata.

Mitos 2
Memakai kacamata akan melemahkan mata. Faktanya, kacamata dipakai untuk mengoreksi rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, atau presbiopi dan tidak akan melemahkan mata. Karena justru dapat secara permanen menyembuhkan masalah penglihatan tersebut. Beberapa kacamata diberikan kepada anak-anak dan digunakan sementara waktu untuk membantu menguatkan dan meningkatkan penglihatan mata.

Mitos 3
Memakai kacamata sering kali membuat mata tergantung kepadanya. Pertanyaanya adalah, kenapa orang-orang memakai kacamata? Untuk mengoreksi pernglihatannya, bukan? Namun, sebagian orang ingin terus memakai kacamata mereka agar penglihatannya jelas. Tetapi kacamata anda tidak akan mengubah mata anda sehingga membuat anda tergantung kepadanya. Anda terbiasa melihat sesuatu dengan jelas dan itu adalah alasan kenapa anda suka pakai kacamata dengan lebih sering.

Mitos 4
Hanya anak laki-laki saja yang buta warna. Buta warna terjadi ketika anda tidak dapat melihat warna dengan cara tertentu. Ketika seseorang tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, hal ini umumnya disebut dengan buta warna. Namun, tidak hanya anak laki-laki saja yang mengalami masalah tersebut, karena anak perempuan juga mengalaminya.

Mitos 5
Wortel dapat membantu menajamkan penglihatan. Faktanya, wortel baik untuk mata karena mengandung jumlah vitamin A tinggi. Pola makan seimbang yang mengandung vitamin dan mineral penting, dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Namun, makan banyak wortel tidak akan meningkatkan penglihatan, kecuali jika memang anda kekurangan vitamin A.



Mitos 6
Nah ini hal yang sangat untuk kamu perhatikan. Duduk terlalu dekat dengan TV akan membahayakan penglihatan. Faktanya, menonton TV dengan layar LCD dan flat tidak menyebabkan kerusakan apapun pada mata, namun duduk terlalu lama hingga berjam-jam di depan komputer atau menonton film 3D akan membuat mata lelah. Anda pun dapat mengatasi mata lelah dengan mengistirahatkannya selama beberapa menit untuk memejamkan mata sekitar 5 menit. Setelah itu mata anda pun akan segar kembali.

Nah bagai mana untuk kamu yang memang sudah menggunakan kacamata setelah membaca artikel ini. Saya harap artikel ini berguna untuk kamu yang membutuhkan informasi mengenai mata (sumber : line shoping)

2 Responses to "Memakai Kacamata Terus-Terusan Ternyata Buruk Untuk Kesehatanmu!"

  1. serius bisa permanen menyembuhkan masalah penglihatan (poin no 2)?? . krn papaku pakai kacmata rutin dr kuliah, dan sampe skr ttp ga bisa lepas dr kacamata. padahl dia termasuk yg disiplin dlm memakai kacamata. mksdnya, kalo bisa permanen menyembuhkan, ga perlu pakai lg kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sudah bertanya. sedikit saya jelaskan menurut yang saya tahu ya kak. klo sakit mata nya memang sudah lama atau bisa dibilang permanen. itu tidak kemungkinan dengan memakai kacamata bisa membaik.karna dari cerita kakak papanya sejak masih kuliah, dan disini saya menjelaskan hanya untuk pengguna yang rabun dalam arti hanay menggunakan saat membutuhkan saja. bisa jadi membuat mata lebih baik sesuai dengan kaca min yang dugunakan dengan kecocokan matanya. saran lebih baik priksa ke doktor mata untuk lebih lanjutnya kak.maaf jika jawaban saya mungkin kurang puas. ini sesuai referensiyang saya temukan kak. trimakasih

      Delete

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...