Efek Positif dan Negatifnya Karna Keseringan Minum Teh


Teh adalah minuman yang enak dinikmati pagi hari. Sebelum beraktivitas biasanya lebih enak mengkonsumsi teh manis ditemani dengan sarapan pagi. Nah tahukah anda, keseringan minum teh ada efek positif dan negatifnya. Ada beberapa referensi yang saya baca, disana saya menemukan ada beberapa manfaat yang baik buat tubuh, dan juga ada efek sampingnya juga. Nah dari pada tanda tanya dengan apa yang saya ceritakan sedikti ini, mari kita bahas satu persatu.

Dampak Buruk Karna Keseringan Mengkonsumsi Teh.
Mengkonsumsi teh setiap hari akan memberikan dampak kesehatan positif bagi tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan mengkomsusi teh akan membuat kadar kolestrol akan lebih terkendali. Selain itu, resiko terkena penyakit atau masalah kesehatan pada jantung, kulit, gigi, hingga pada ususpun akan jauh lebih ditekan. Sayangnya, kebaikan ini juga memiliki syarat berupa teh harus dikonsumsi tetap ada campuran kurang sehat layaknya gula dan juga disajikan dengan kondisi yang segar.

Nah, tahukah anda, teh adalah minuman yang mengandung antioksidan polyhenols yang dikenal sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jika kita mencampur teh dengan gula, maka kebaikkan dari antioksidan ini akan berkurang dengan signifikan. Selain itu minuman teh botol yang cenderung jauh lebih manis juga tidak disajikan dengan kondisi yang segar. Didalam teh botol sendiri, selain gula yang sangat tinggi juga akan ditemukan bahwa pengawet yang mematikan teh ini bisa bertahan lama. Hal ini berarti teh ini tidak akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Jika kita keseringan mengkonsumsi teh manis baik itu saat pagi hari, siang hari dan hingga malam hari, maka kita pun beresiko mengalami tambahan kalori dengan sangat signifikan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita menambahkan gula setiap kali membuat teh, maka bisa jadi kita akan mengkonsumsi setidaknya 100 gram gula yang berarti kita menambah setidaknya 400 kalori atau 20% kebutuhan kalori harian tubuh. Jika hal ini dilakukan terus menerus, badan kita pun cenderung beresiko mengalami obesitas.

Dinegeri yang disebut-sebut sebagai awal mula yang mengkonsumsi teh berasal dari Tiongkok, teh sendiri kerap kali disajikan dengan kondisi hangat tanpa adanya kandungan gula sama sekali. Penyajian teh ini bisa memberikan efek segar dan membuat banyak kebaikan layaknya antioksidan benar-benar diserap oleh tubuh, sehingga resiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya pun akan ditekan. ( Sumber : doktersehat )

Dari beberapa yang kurang baik yang saya jelaskan di atas, teh juga ada manfaat yang baik buat tubuh kita, antara lain :

Mengurangi Stres
Kalau kalau merasakan stres dan banyak pikiran, cobalah menikmati segelas teh hangat. Sebuah penelitin yang dilakukan UCL menunjukkan jika teh bisa mengusir hormon stres pada seseorang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychophamcology, membuktikan jika orang yang minum teh mampu menghilangkan stres lebih cepat dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi teh. Teh yanh disarankan adalah teh alami yang diseduh manual. Bukan teh kemasar ya.

Dapat Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke.
Seorang peneliti di Boston University Scholl of Medicine melakukan penelitian terhadap 70 orang dengan penyumbatan saluran arteri koroner setidaknya 70%. Setelah minum teh hitam selama empat minggu, fungsi pembuluh darah meningkat hampir 50%.

Dr. Vita menyimpulkan bahwa minum teh dapat mencegah atau membalikkan fungsi saluran arteri dan mengurangi resiko serangan jantung serta stroke. Mereka menyimpulkan bahwa ini karena peran flavonoid senyawa tanaman yang mengandung antioksidan, sehingga mencegah pembentukkan plak di dinding arteri.

Dapat Mencegah Kanker
Minum teh juga bisa mencegah penyakit kanker. Para peneliti di Universitas Rutgers mengidentifikasikan senyawa dalam teh hitam yang dikenal sebagai theaflavin-3’-monogallate, atau TF-2, yang menyebabkan sel-sel kanker kolorektal untuk menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel-sel normal. Selain itu, mereka menemukan bahwa TF-2 menekan Cox 2, gen yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.

Dapat Meningkatkan Memori, Fokus, dan Konsentrasi.
Minumlah secangkir teh sebelum anda pergi ke ruang rapat. Penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein L-Theanine, asam amino yang ditemukan dalam teh mampu meningkatkan daya ingat, fokus dan konsentarsi.

Menurunkan Kolestrol Pada Tubuh.
Sebuha studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolestrol pada orang dewasa. Penelitian ini dilakukan pada 15 orang selama tiga minggu.

Hasilnya cukup mencengangkan. Lima gelas teh hitam dalam sehari mampu menurunkan kadar kolestrol sebanyak 6,5%. Jadi kamu tidak perlu obat-obatan kimia, cukup minum teh setiap pagi. ( Sumber : detikfood )

Nah bagaimana setelelah kamu membaca ini. Memang apa-apa yang dikonsumsi secara berlebihan baik itu teh manis dan yang lain, pasti tidak baik untuk kesehatan kamu kan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

0 Response to "Efek Positif dan Negatifnya Karna Keseringan Minum Teh"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...