Jangan Biasakan Simpan Jas Hujan Didalam Jok

Sumber foto dari SmartCityMakassar

Hay sahabat motor, ini nih buat pencinta motor atau yang suka berpergian jauh dengan menggunakan motor dan pasti kita selalu membawa jas hujan kan. Tujuannya agar saat kena hujan dijalan dan tempat berteduhpun kemungkinan tidak ada kita bisa menggunakan jas hujan untuk menghalangi agar baju dan ts perlengkapan yang kita bawa tidak basah karna hujan. Memang sih tar ransel jaman sekarang rata-rata udah ada jas hujannya atau lebih gaul dikit Rain Cover deh. Hehehe... tidak dipungkiri kita pasti atau selalu meletakkan jas hujan kita didalam jok motor setelah menggunakan. Nah ini ada sediki yang perlu saya bahas untuk kita semua agar perjalanan kamu tidak terganngu dengan masalah motornya karna menaruh jas hujan tadi. Seperti yang saya kutip dari Gilamotor.com, dari orang-orang yang mengerti motor,ternyata ada tidak baiknya bila kita keseringan menaruh jas hujan didalam jok.

Nah marih kita bahas sedikit agar sahabat pencinta motor lebih tau.

Ternyata menyimpan jas hujan atau Rain Coat dibawah jok itu salah. Jangan sekali-kali meletakkan jas hujan dibalik jok, apalagi tuh sampai menutupi tutup tangki bahan bakar.

Memang kebiasaan ini kerap dilakukan oleh beberapa pengguna sepeda motor, terlebih lagi tunggangannya tidak memiliki fitur bagasi. Padahal kebiasaan buruk ini mempengaruhi performa sepeda motor kamu loh.

Seperti yang diungkapkan oleh Instruktur Teknis PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdulrahman. Rain Coat atau biasa kita kenal dengan nama Jas Hujan yang diletakkan diatas tangki bahan bakar akan membuat sepeda motor mogok. Ini karena aliran udara yang masuk melalui tutup tangkitertutup jas hujan sehingga tidak ada sirkulasi udara didalam tangki. Jadi jangan diletakkan ditempat tersebut”. Ujarnya.

Masalah terjadi tidak hanya jikatangki bahan bakar tertutup jas hujan, pun jika diletakkan diatas filter udara. Sepeda motor akan tersendat-sendat ketika riding bahkan mati. Kejadian ini bisa bikin kamu repot juga kan. Nah tapi ini diambil dari kasusnya jika sepeda motornya All New Sonic 150R dan supra GTR 150 yang notabennya filterudara berada dibalik jok.

“Filter udara All New Sonic 150R itu berada di balik jok. Jika jas hujan diletakkan di sana akan mengganggu asupan udara ke ruang bakar, sehingga pembakaran tidak sempurna. Dengan miskinnya asupan udara efeknya sepeda motor akan tersendat-sendat dan mengeluarkan asap hitam dari knalpot”. Lanjut penjelasan Mukti.

Nah tapi jika sahabat sudah terlanjut menaruhkan jas hujannya di jok, sahabat tidak perlu panik deh, tinggal mengeluarkan jas hujannya lalu matikan mesin kemudian hidupkan lagi, sepeda motor kesayangan pun siap digas lagi. Meski asap hitam masih keluar, sahabat motor tenang saja karena itu sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna dan akankembali normal, tapi denhan catatan jas hujan sahabat tidak diletakkan lagi di tempat terlarang tersebut.

Nah gimana sahabat, setelah membaca ini pasti tau kan dimaa bagusnya menaruhkan jas hujannya. Tapi bagi yang paham dengan fitur-fitur pada sepeda motor, saya rasa artikel saya ini beliau sudah mengetahui lebih dulu dari pada saya. Hehehe... semoga ini bisa membatu dan menambah pengetahuan teman-teman.

0 Response to "Jangan Biasakan Simpan Jas Hujan Didalam Jok"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...