Manfaat Dan Khasiat Dari Tanaman Sambiloto


Ada yang tahu dengan tumbuhan Sambiloto? Mungkin anda baru mendengan nama tumbuhan ini. Iya Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki sangat banyak manfaatnya dan khasiatnya. Dari tanaman ini sebenarnya sudah banyak yang di olah menjadi obat dan jamu tradisional.

Apa itu Sambiloto ?
Sedikit kita mengenal dari tanaman ini sebelum masuk ke pembahasan intinya. Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa ternak tegak yang tumbuh tingginya bisa mencapai 90 sintimeter. Asalnya diduga dariAsia Tropika. Penyebarannya dari wilayah India dan meluas ke Selatan sampai di Siam, ke Timur sampai Semenanjung Malaysia, dan kemudian ditemukan di Jawa. Tumbuhan ini bisa tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 0C. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. ( sumber : Wikipedia )

Bagian yang dimanfaatkan.
Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipretika), obat sakit perut, kencing manis, dan juga terkena racun. Kandungan senyawa kalium meberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid. Selain itu, daun sambiloto juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan air rebusannya di minum. ( sumber : Wikipedia )

Baca Juga : Ramuan Herbal Untuk Obat Kencing Manis

Nah selain dari beberapa manfaat yang saya kutif dari Wikipedia, ada lagi ni manfaat lain dari tanaman super ini, antar lain :

Mencegah Kanker.
Hasil sebuah penelitian menunjukkan, manfaat sambiloto yang kemungkinan dapat mencegah kanker. Dalam penelitian tersebut diketahui sambiloto menghambat pembelahan sel kanker. Namun yang diperlu diingat, ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di laboraturium. Sel kanker yang ada di dalam tubuh, meskipun anda sudah mengkonsumsi ekstra sambiloto secara teratur, kondisinya bisa berbeda. Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Membantu Menyembuhakn Masalah Pada Sistem Pencernaan.
Sambiloto dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan anda. Tanaman ini mampu membantu anda mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan juga sakit perut. Selain itu, juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati, seperti pembesaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat. Tetapi tidak bisa mengobati yang lagi sakit hati ya. Hehe

Membantu Mencegah Penyakit Jantung.
Sambiloto telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukkan gumpalan darah serta dapat membantu mencegah gumpalan darah. Penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal pada tahun 1994 telah membuktikan bahwa ekstra A.panincula dapat mengulur waktu pembentukkan gumpalan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, sambiloto juga berkhasiat untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga membantu anda menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Manfaat sambiloto selanjutnya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan, yaitu menigkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun. Sifat ini terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi HIV. Selain itu, sambiloto dapat digunakan untuk meredakan peradangan ( antiinflamasi ) dan mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan organ hati.

Peringatan Sebelum Mengkonsumsi Sambiloto
Jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu yang pendek, umumnya sambiloto tidak berbahaya. Meski demikian, konsumsi sambiloto memiliki risiko efek samping seperti diare, muntah, sakit kepala, hidung berair, ruam, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Jangan mengonsumsi sambiloto melebihi dosis dan dalam jangka panjang untuk menghindari reaksi alergi serius, pembengkakan kelenjar getah bening, maupun peningkatan enzim hati. Ikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

Pembuatan suplemen sambiloto ada yang dikombinasikan dengan ginseng Siberia. Menurut penelitian, kombinasi ini aman dikonsumsi untuk jangka waktu tiga bulan.

Sebaiknya hindari mengonsumsi sambiloto jika Anda: 
  1. Hamil dan menyusui. Ada kekhawatiran sambiloto mungkin bisa meningkatkan risiko keguguran. Untuk ibu menyusui belum diketahui dengan jelas apa dampaknya. Jadi untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari pemakaiannya jika Anda sedang hamil atau sedang menyusui.
  2. Memiliki tekanan darah rendah. Menurut penelitian, sambiloto mungkin bisa menurunkan tekanan darah.
  3. Mengidap penyakit autoimun. Sambiloto mungkin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut bisa memperparah kondisi jika dikonsumsi penderita penyakit autoimun.
  4. Ingin memiliki anak. Menurut penelitian, sambiloto kemungkinan dapat mengganggu tingkat kesuburan. Namun hal itu terjadi pada hewan, bukan manusia. Untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari sambiloto jika Anda ingin memiliki anak atau sulit memiliki anak.
  5. Memiliki kondisi gangguan darah. Proses pembekuan darah mungkin akan terhambat jika Anda mengonsumsi sambiloto. Hal ini bisa menyebabkan memar dan pendarahan pada orang yang memiliki gangguan ini.

Manfaat sambiloto meringankan atau mengobati penyakit, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jika Anda masih ragu, konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi sambiloto atau suplemen sambiloto. Lalu perhatikan label kemasan yang memuat tentang dosis yang disarankan atau risiko efek samping yang ditimbulkan. ( Sumber : Alodokter )

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Dari Tanaman Sambiloto"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...