Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Musnadi - Jambu biji, iya jambu biji yang sering kamu jumpai di pasar dan juga tuh yang sering kamu beli jus kemasan jambu biji di minimarket terdekat. Apakah kamu tahu apa saja manfaat jambu biji yang dihasilkan untuk tubuh kamu? untuk kamu yang suka atau sering mengkonsumsi jambu biji, kenali mafaat jambu biji untuk kesehatan tubuh kamu.

Jambu batu (Psidium Guajava) atau sering dikenal dengan nama Jambu Biji, Jambu Siki dan Jambu Klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalu Thailand. Jambu Batu/biji memilik buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah dan juga putih dan mempunyai rasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak Vitamin C.

Manfaat Yang Terkandung Didalam Jambu Biji

Buah jambu biji merah mengandung berbagai manfaat, seperti mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan yang cukup tinggi adalah Vitamin A, Vitamin C, Asam folat, Vitamin B6, Vitamin B3, Kalium, Mangan, Magnesium dan Tembaga. Kandungan Vitamin C yang terdapat didalam jambu biji merah bahkan lebih tinggi dari pada buah jeruk. Jambu biji merah juga merupakan buah yang tergolong tinggi serat.

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Seperti yang saya rangkum dari Alodokter, ada beberapa manfaat jambu biji yang baik untuk tubuh yang perlu kamu ketahui. Antara lain :

1. Mampu melindungi tubuh dari radikal bebas
Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jambu biji berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak ahli percaya bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu berkembangnya penyakit kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat pada buah jambu biji saja, tetapi juga terdapat pada daun nya.

2. Mampu melancarkan saluran penceranaan
Manfaat jambu biji juga dapat diperoleh sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini didapat dari kandungan serat yang tinggi pada buah jambu biji. Sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Perlu kita ketahui, jambu biji merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin c yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin c dalam buah jambu biji memelbihi kandungan vitamin c pada buah jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh anda dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan juga pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

4. Mampu menurunkan tekanan darah dan kolestrol
Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya anda konsumsi jika anda menderita darah tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengkonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolestrol jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan serat yang ada pada jambu biji.

5. Mampu menyehatkan mata
Jambu biji merah, atau buah yang mempunyai warna cerah seperti mangga, pepaya, dan juga semangka merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu kulit sehat. Dengan kandungan vitamin A yang ada di dalam buah jambu biji, anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari jambu biji untuk kesehatan.

6. Mencegah diabetes
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa buah jambu biji mampu melindungi ginjal dari dampak penyakit diabetes. Sementara penelitian lain mengemukakan bahwa jambu biji merah diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Meski demikian, peneliti tersebut masih sebatas uji coba terhadap hewan dan belum diuji kan kepada manusia.

7. Meningkatkan trombosit
Pasien demam berdarah yang kekurangan trombosit akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi jambu biji. Buah jambu biji memang dianggap sebagai salah satu buah yang dapat meningkatkan trombosit. Manfaat ini tidak hanya bisa anda dapatkan dari buah jambu biji nya saja, tetapi juga dari daun jmabu bijinya juga.

Daun jambu biji merah bahkan dipercaya lebih efektif untuk meningkatkan kadar trombosit. Jika ingin mendapatkan manfaat jambu untukpemulih DBD, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi jambu biji beserta kulit dan juga air rebusan daun jambu biji nya juga. 

Nah bagaimana setelah membaca tentang manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh? saya yakin dan percaya ente-ente udah tahu kan. Maka dari itu, manfaatkan jambu biji untuk kesehatan kamu dan ingat sesuaikan dengan kebutuhan, sesuatu dimakan dengan berlebihan pasti tidak baik buat kita, apa pun itu. Saya rasa kita mengerti. Semoga bermanfaat


0 Response to "Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...